PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) BERMEDIA CATCH STAR TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK B DI TK KARTIKA IV-92 WONOKROMO SURABAYA

  • SILVIANING UMI CHOIRUN NISAK

Abstract

Abstrak

Penelitian Quasy Experimental Design ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) bermedia catch star terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak kelompok B di TK Kartika IV-92 Wonokromo Surabaya. Populasi penelitian adalah anak kelompok B di TK Kartika IV-92 Wonokromo Surabaya dengan subjek 24 anak dimana 12 anak sebagai kelompok eksperimen (B1) dan 12 anak sebagai kelompok kontrol (B2). Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan uji jenjang bertanda Mann-Whitney U Test  dengan rumus Uhitung < Utabel . Jika Uhitung lebih kecil dari Utabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh Uhitung = 18 dan Utabel = 126 maka Uhitung < Utabel  yaitu (18<126). Data tersebut menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) bermedia catch star terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak kelompok B di TK Kartika IV-92 Wonokromo Surabaya.

Kata Kunci: Pembelajaran Kooperatif, Teams Games Tournament (TGT), Mengenal Lambang Bilangan.      

Abstract

Quasy Experimental Design This study aims to determine the influence of cooperative learning model type Teams Games Tournament (TGT) bermedia catch star on the ability to recognize the symbol of the numbers in children group B in Kartika IV-92 Wonokromo Kindergarten Surabaya. The study population was group B children in Kartika IV-92 Wonokromo Kindergarten Surabaya with the subject of 24 children where 12 children as experimental group (B1) and 12 children as control group (B2). Data collection techniques use observation and documentation. Technique of data analysis of this research use test marked level Mann-Whitney U Test with formula Uhitung <Utabel. If Count is smaller than Utabel, then Ho is rejected and Ha accepted. Based on the results of data analysis obtained Uhitung = 18 and Utabel = 126 then Uhitung < Utabel  is(18 <126). The data shows Ho rejected and Ha accepted. So it can be concluded that there is influence of cooperative learning model type Teams Games Tournament (TGT) bermedia catch star on the ability to recognize the symbol of the number of children in group B at Kartika IV-92 Wonokromo Kindergarten Surabaya.

Keywords: Cooperative Learning, Teams Games Tournament (TGT), Know the Symbol of Numbers.. 

Published
2017-07-13
Abstract Views: 6
PDF Downloads: 14