PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN TEKA-TEKI SILANG TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK DHARMA WANITA DLANGGU MOJOKERTO

  • Ika Yanuar Purwanti

Abstract

Abstrak

Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis anak usia 5-6 tahun dengan media pembelajaran teka-teki silang. Subyek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Dlanggu Mojokerto yang berjumlah 18 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi.Teknik analisis data menggunakanstatistic non parametric uji jenjang bertanda Wilcoxon dengan rumus Thitung < Ttabel.JikaThitung lebih kecil dari Ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh Thitung = 0 dan Ttabel untuk N=18 dengan taraf signifikan 5% sebesar 40 maka (0 <40). Data tersebut menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima.Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh media pembelajaran teka-teki silang terhadap kemampuan menulis anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita Dlanggu Mojokerto.

Kata kunci: teka-teki silang, kemampuan menulis.

Abstract

This research quantitative to know writing skills of children aged 5-6 years with crossword puzzle media lesson. The subject of this research  is 18 children. Techniques of collecting data are using observation. Technique of data analysis using statistic non parametric test marked Wilcoxonwith Tcount <Ttable formula. If Count is smaller than Ttable, then Ho is rejected and Ha accepted. Based on result of data analysis obtained Thitung = 0 and Ttable for N = 18 with 5% significant level equal to 40, hence (0 <40). The data shows Ho rejected and Ha accepted. Conclusion of research indicate that there is effect of lesson media crossword puzzle to writing skill of children age 5-6 years at Kindergarten Dharma Wanita Dlanggu Mojokerto. 

Keywords: Crossword puzzle, writing skills.

Published
2017-07-14
Abstract Views: 274
PDF Downloads: 691