PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI METODE BERCERITA MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR SERI PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK MARDI RAHAYU JOMBANG

  • YENI KUSUMA WARDANI

Abstract

Abstrak

 

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbicara melalui metode bercerita menggunakan media gambar seri pada anak usia 4-5 Tahun Di TK Mardi Rahayu Jombang. Subyek penelitian adalah anak usia 4-5 tahun di TK Mardi Rahayu Jombangdengan jumlah 15 anak. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan statistik deskriptif yaitu berdasarkan analisis refleksi pada siklus. Hasil dari penelitian ini pada siklus I aktivitas guru menunjukkan persentase 80% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 90%. Aktivitas anak pada siklus I sebesar 78,57% meningkat menjadi 90% pada siklus II. Nilai rata-rata Kemampuan berbicarapada siklus I tingkat perkembangannya memperoleh persentase sebesar 53,33%, sedangkan siklus II  meningkat menjadi 82,22%. Berdasarkan uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berbicara pada anak usia 4-5 tahun di TK Mardi Rahayu Jombang melalui metode bercerita menggunakan media gambar seri.

 

Kata kunci : kemampuan berbicara, metode bercerita menggunakan media gambar seri.

 

Abstract 

 

This classroom action research aims to determine the improvement of speech through the story-telling method using the drawing media series in children aged 4-5 years in kindergarten Mardi Rahayu Jombang. The subjects were children aged 4-5 years in kindergarten Mardi Rahayu Jombang with the number of 15 children. Techniques Data collection uses observation and documentation. Technique of data analysis this research use descriptive statistic that is based on analysis of reflection on cycle. The result of this research in cycle I teacher activity showed 80% percentage then in cycle II increased to 90%. The activity of children in the first cycle of 78.57% increased to 90% in cycle II. Average value The ability to speak on the first cycle of development rate obtained a percentage of 53.33%, while the second cycle increased to 82.22%. Based on the above description it can be concluded that there is an increase in the ability to speak at 4-5 years of age children in kindergarten Mardi Rahayu Jombang through storytelling method using the image series media.

 

Keywords: speaking ability, storytelling method using series image media.

Published
2017-07-14
Abstract Views: 181
PDF Downloads: 279