PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN  1-20 MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS BERMEDIA BAHAN SISA PADA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PERTIWI GODONG GUDO JOMBANG

  • FITRI ANDRIANI

Abstract

Abstrak

 

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-20 melalui metode pemberian tugas menggunakan media bahan sisa pada anak usia 5-6 Tahun Di TK Pertiwi Godong Gudo Jombang. Subyek penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi Godong Gudo Jombang yang berjumlah 17 anak. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan statistik deskriptif yaitu berdasarkan analisis refleksi pada setiap siklus. Hasil dari penelitian ini pada siklus I aktivitas guru menunjukkan persentase 69,64% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 87,50%. Aktivitas anak pada siklus I sebesar 67,86% meningkat menjadi 91,07% pada siklus II. Nilai rata-rata Kemampuan mengenal konsep bilangan 1-20 pada siklus I tingkat perkembangannya memperoleh persentase sebesar 57,84% dan siklus II  meningkat menjadi 86,28%. Berdasarkan analisis di atas maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-20 pada anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi Godong Gudo Jombang melalui metode pemberian tugas menggunakan media bahan sisa.

 

Kata kunci :  konsep bilangan 1-20, metode pemberian tugas,  media bahan sisa.

 

Abstract 

 

This classroom action research aims to determine the improvement of the ability to recognize the concept of numbers 1-20 through the method of giving tasks using the media of waste materials in children aged 5-6 years In Kindergarten Goddess Gudo Jombang. The subjects of the study were children aged 5-6 years in TK Pertiwi Godong Gudo Jombang with a total of 17 children. Techniques Data collection using observation and documentation. Technique of data analysis this research use descriptive statistic that is based on analysis of reflection on each cycle. The result of this research in cycle I teacher activity showed percentage 69,64% then in cycle II increased to 87,50%. The activity of children in cycle I was 67.86% increased to 91.07% in cycle II. The average value of the ability to recognize the concept of 1-20 in the first cycle of development rate obtained a percentage of 57.84% and the second cycle increased to 86.28%. Based on the data analysis above it can be concluded that there is an increase in the ability to recognize the concept of 1-20 numbers in children aged 5-6 years in TK Pertiwi Godong Gudo Jombang through the method of providing tasks using the media of waste materials.

 

Keywords:  concept of numbers 1-20, the method of assigning tasks,  media of waste.

Published
2017-07-24
Abstract Views: 203
PDF Downloads: 1536