PENGARUH PERMAINAN BOFTER TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS ANAK KELOMPOK A DI TK PERTIWI 1 JOMBANG

  • ardi mahendra wicaksono

Abstract

Abstrak

Penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Pre Experimental Design ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh permainan bofter terhadap kemampuan menulis anak kelompok A di TK Pertiwi 1 Jombang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 20 anak kelompok A. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji Wilcoxon Match Pairs Test  dengan rumus Thitung < Ttabel. Jika Thitung lebih kecil dari Ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil analisis data diperoleh Thitung = 0 dan Ttabel untuk N=20 dengan taraf signifikan 5% sebesar 52 berarti Thitung < Ttabel (0<52), Ha diterima dan Ho ditolak. Berdasarkan hasil analisis data maka dapat diketahui bahwa ada pengaruh permainan bofter terhadap kemampuan menulis anak kelompok A di TK Pertiwi 1 Jombang.

Kata Kunci: Permainan bofter,  Kemampuan  menulis.

 

Abstract

Quantitative research with Pre Experimental Design research design is aimed to find out whether there is influence of bofter game on the writing ability of group A children in TK Pertiwi 1 Jombang. The sample used in this research is 20 children of group A. The data technique used is observation and documentation. Data analysis technique using Wilcoxon Match Pairs Test with Thitung <Ttabel formula. If Count is smaller than Ttable, then Ho is rejected and Ha accepted. Based on the data analysis results obtained Thitung = 0 and T table for N = 20 with 5% significant level of 52 thus Ha accepted and Ho rejected. Thus the hypothesis states there is a booster game influence on the ability to write a group A children in TK Pertiwi 1 Jombang.

Keywords: Game bofter, Writing ability 

Published
2017-07-24
Abstract Views: 15
PDF Downloads: 21