PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-5 MELALUI PERMAINAN MEMANCING PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN DI KB TUNAS BANGSA KEDUNGTURI GUDO JOMBANG

  • SARI NOERMAYANTI, SH

Abstract

Abstrak

 

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-5 melalui permainan memancing pada anak usia 3-4 Tahun di KB Tunas Bangsa Kedungturi Gudo Jombang. Subyek penelitian adalah anak usia 3-4 tahun di KB Tunas Bangsa Kedungturi Gudo Jombang yang berjumlah 12 anak. Teknik Pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan statistik deskriptif yaitu berdasarkan analisis refleksi pada setiap siklus. Hasil dari penelitian ini pada siklus I aktivitas guru menunjukkan persentase 77,50% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 92,50%. Aktivitas anak pada siklus I sebesar 77,50% meningkat menjadi 92,50% pada siklus II. Nilai rata-rata kemampuan mengenal konsep bilangan 1-5 pada siklus I tingkat perkembangannya memperoleh persentase sebesar 70,83% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 87,50%. Berdasarkan analisis data maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-5 pada anak usia 3-4 tahun di KB Tunas Bangsa Kedungturi Gudo Jombang melalui permainan memancing.

Kata kunci : Konsep Bilangan 1-5, Permainan Memancing.

 

Abstract 

 

This classroom action research aims to know the improvement of the ability to recognize the concept of 1-5 through fishing game in children aged 3-4 years in KB Tunas Bangsa Kedungturi Gudo Jombang. Research subjects were children aged 3-4 years in KB Tunas Bangsa Kedungturi Gudo Jombang which amounted to 12 children. Techniques Data collection using observation and documentation. Technique of data analysis this research use descriptive statistic that is based on reflection analysis at every cycle. The results of this study on the first cycle of teacher activity showed a percentage of 77.50% then in cycle II increased to 92.50%. Activities of children in the first cycle of 77.50% increased to 92.50% in cycle II. The average value of the ability to recognize the concept of 1-5 numbers in cycle I the level of development obtained a percentage of 70.83%, while in the second cycle increased to 87.50%. Based on the data analysis it can be concluded that there is an increase in the ability to recognize the concept of 1-5 numbers in children aged 3-4 years in KB Tunas Bangsa Kedungturi Gudo Jombang through the game of fishing.

Keywords: The Concept of Numbers 1-5, Fishing Game.

Published
2017-07-25
Abstract Views: 32
PDF Downloads: 97