IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SENTRA BALOK ANAK KELOMPOK B DI TK KHADIJAH PENDEGILING SURABAYA

  • DHURIYATUN NASICHAH

Abstract

Abstrak

Penelitian kualitatif deskriptif ini bertujuan untuk memotret bagaimana implementasi model pembelajaran sentra balok  anak kelompok B di TK Khadijah Pandegiling Surabaya. Subyek penelitian terdiri dari 8 anak yang terdiri dari 4 anak laki-laki dan 4 anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman yang dimulai dari reduksi data, penyajian data, hingga berujung pada verifikasi/simpulan dan  data yang berbentuk nilai dianalisis secara statistik deskriptif dengan rumus   14Persentase %=fn"> x100. Berdasarkan hasil data diperoleh 2 anak yang dominan pada 7 komponen sentra balok  dengan nilai 87,5%,  4 anak yang dominan pada 6 komponen sentra balok dengan nilai 75%, dan  2 anak yang dominan pada 5 komponen sentra balok dengan nilai 62,5%. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa melalui implementasi model pembelajaran sentra balok, guru memberikan 7 komponen sentra balok untuk menumbuhkan perkembangan anak kelompok B dengan baik.

Kata Kunci: Model pembelajaran, Sentra balok, Tujuh komponen sentra balok.

Abstract

This descriptive qualitative research aims to photograph how the implementation of learning model of group B block sentra in TK Khadijah Pandegiling Surabaya. The study subjects consisted of 8 children, consisting of 4 boys, and 4 girls. Data collection techniques used observation, interviews, questionnaires, and documentation. Data analysis technique using Miles and Huberman model starting from data reduction, data presentation, to end in verification / conclusion and shaped value data is analyzed statistically descriptive with formula x100. Based on the data obtained, 2 children were dominant in 7 beam sentra components with 87.5%, 4 children were dominant on 6 beam sentra components with 75% value, and 2 children were dominant on 5 beam sentra components with value 62,5%. Based on data analysis can be concluded that through the implementation of learning beam sentra model, the teacher provides 7 beam center components to nurture the development of group B children well.

Keywords: Learning of model, Beam sentra, Seven beam sentra components

Published
2017-07-25
Abstract Views: 27
PDF Downloads: 114