PENGARUH PERMAINAN PERMATA TERSEMBUNYI TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK AL-HUDA SURABAYA

  • Rahel Andini Permata Sari

Abstract

Abstrak

Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh permainan permata tersembunyi dengan kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun. Subyek penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun di TK Al-Huda Surabaya yang berjumlah 30 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan tabel penolong Man-Whitney U-Test dengan rumus Uhitung <Utabel. Jika Uhitung lebih kecil dari Utabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh Uhitung=37,5 dan Utabel untuk N=15 dengan taraf signifikan 0,05 sebesar 56 maka Uhitung <Utabel (37,5<56). Data tersebut menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima. Simpulan penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh permainan permata tersembunyi terhadap kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun di TK Al-Huda Surabaya.

Kata kunci:Kemampuan berbicara, Permainan permata tersembunyi

Abstract

This research quantitative to know is there hidden gem game with speaking ability skills of children aged 4-5 years. The subject of this children aged 4-5 years in TK Al-Huda Surabaya research is 30 children. Techniques of collecting data are using observation and documentaion. Technique of data analysis using Man-Whitney U-Test Ucount <Utable formula. If Ucount is smaller than Utable, then Ho is rejected and Ha accepted. Based on result of data analysis obtained Uhitung =37,5 and Utable for N = 15 with 0,05 significant level equal to 56, hence Ucount <Utable (37,5<56). The data shows Ho rejected and Ha accepted. Conclusion of research indicate that there is effect of lesson hidden gem game to speaking ability skill of children age 4-5 years at Kindergarten Al-Huda Surabaya. 

Keywords: Speech ability, Hidden gem game

Published
2017-07-30
Abstract Views: 3
PDF Downloads: 0