MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-10 MELALUI MEDIA KARTU ANGKA DAN KARTU GAMBAR PADA KELOMPOK A DI TK PERTIWI BARENG JOMBANG

  • WIDYA RIANTO PUTRI

Abstract

Abstrak

 

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan mengenal konsep bilangan1-10 melalui media kartu angka dan kartu gambar pada kelompok A di TK Pertiwi Bareng Jombang. Subyek yang diteliti anak kelompok A TK Pertiwi Bareng Jombang yang berjumlah 15 anak.Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan statistik deskriptif yaitu berdasarkan analisis refleksi pada siklus. Hasil dari penelitian ini pada siklus I, aktivitas guru menunjukkan persentase 68,75 % kemudian pada siklus II meningkat menjadi 87,50%. Aktivitas anak pada siklus I sebesar 67,50 % meningkat menjadi 85,00% pada siklus II. Nilai rata-rata kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10  pada siklus I tingkat perkembangannya memperoleh persentase sebesar 56,67% dan pada siklus II  meningkat menjadi 86,67 %. Berdasarkan uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 pada kelompok A di TK Pertiwi Bareng Jombang melalui media kartu angka dan kartu gambar.

Kata kunci : Konsep Bilangan, Media Kartu Angka, Kartu Bergambar.

 

 

Abstract

 

This classroom action research aims to describe the ability to recognize the concept of numbers 1-10 through the media of number cards and image cards in group A in Pertiwi Bareng Jombang kindergarten. Subjects who studied children group A TK Pertiwi Bareng Jombang which amounted to 15 children. Data collection techniques using observation and documentation. Technique of data analysis this research use descriptive statistic that is based on analysis of reflection on cycle. The result of this research in cycle I, teacher activity showed percentage 68,75% then in cycle II increased to 87,50%. Activity of children in cycle I of 67.50% increased to 85.00% in cycle II. The average value of the ability to recognize the concept of 1-10 numbers in the cycle I development rate obtained a percentage of 56.67% and in the second cycle increased to 86.67%. Based on the above description it can be concluded that there is an increase in the ability to recognize the concept of 1-10 numbers in group A in TK Pertiwi Bareng Jombang through the media card numbers and image cards. Keywords: Concept of Numbers, Numeric Card Media, Picture Cards.

Published
2017-08-14
Abstract Views: 15
PDF Downloads: 20