PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-10 MELALUI MEDIA KERETA BERNOMOR PADA ANAK KELOMPOK A DI TK DAHLIA DESA JENISGELARAN BARENG JOMBANG

  • RENGGA ROSITA

Abstract

Abstrak

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan melalui media kereta bernomor pada anak usia 4-5 tahun di TK Dahlia Desa Jenisgelaran Bareng Jombang. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah anak di TK Dahlia Desa Jenisgelaran  Bareng Jombang yang berjumlah 16 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan statistik deskriptif yaitu berdasarkan analisis refleksi pada siklus. Hasil dari penelitian ini pada siklus I, aktivitas guru menunjukkan persentase 68,75% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 87,5%. Aktivitas anak pada siklus I sebesar 62,5% meningkat menjadi 87,5% pada siklus II. Nilai rata-rata kemampuan mengenal konsep bilangan pada siklus I tingkat perkembangannya memperoleh persentase sebesar 53,12% dan pada siklus II  meningkat menjadi 83%. Berdasarkan uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan dalam menyebutkan urutan bilangan dan memasangkan lambang bilangan dengan benda 1-10  pada anak usia 4-5 tahun di TK Dahlia Desa Jenisgelaran Bareng Jombang melalui media kereta bernomor.

Kata kunci : Konsep Bilangan 1-10, Media Kereta Bernomor

 

Abstract

This classroom action research aims to describe the improvement of the ability to recognize the concept of numbers through the number of train media in children aged 4-5 years in kindergarten Dahlia Desa Jenisgelaran Bareng Jombang. The subject of this class action research is a child in kindergarten Dahlia Desa Types of Bareng Jombang which amounted to 16 children. Data collection techniques use observation and documentation. Technique of data analysis this research use descriptive statistic that is based on analysis of reflection on cycle. The result of this research in cycle I, teacher activity showed percentage 68,75% then in cycle II increased to 87,5%. The activity of children in the first cycle of 62.5% increased to 87.5% in cycle II. The average value of the ability to recognize the concept of numbers in the first cycle of development rate obtained a percentage of 53.12% and in the second cycle increased to 83%. Based on the above description it can be concluded that there is an increase in the ability to recognize the concept of numbers in the number of numbers and pairing pin numbering 1-10 with 4-5 years old children in kindergarten Dahlia Desa Jenisgelaran Bareng Jombang through train media numbered.

Keywords: The Concept of Numbers 1-10, Trademarks Numbered

 

Published
2017-08-14
Abstract Views: 81
PDF Downloads: 656