MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG MELALUI PERMAINAN KARTU BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK A DI TK PUTRA BHAKTI ASEMROWO SURABAYA

  • Kumayah Siti

Abstract

ABSTRAK

Salah satu permasalahan yang dihadapi oleh TK Putra Bhakti, yakni rendahnya beberapa kemampuan berhitung anak kelompok A1, di antaranya: 1) membilang atau menyebut urutan bilangan 1-10 , 2) memasangkan benda sesuai dengan pasangannya, 3) membedakan dan membuat kumpulan benda yang sama jumlahnya yang tidak sama, lebih banyak dan lebih sedikit, 4) memperkirakan urutan berikutnya dari suatu pola. Terkait dengan permasalahan tersebut, maka rumusan masalah yang dibahas pada penelitian ini, yaitu apakah melalui penggunaan kartu bergambar dapat meningkatkan kemampuan berhitung pada anak kelompok A1 TK Putra Bhakti Surabaya, dengan tujuan Ingin mengetahui keunggulan penggunaan kartu bergambar dalam meningkatkan kemampuan berhitung pada anak kelompok A1 TK Putra Bhakti. Penelitian ini menggunakan rancangan prosedur Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari 3 (tiga) siklus, dengan hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan berhitung anak kelompok A1 melalui pemanfaatan media kartu bergambar, hal ini terlihat pada peningkatan Tingkat Capaian perkembangan (TCP) pada setiap indikator kemampuan bidang pengembangan kemampuan berhitung pada setiap siklusnya meningkat dengan signifikan. Hal ini terbukti dengan rata-rata persentase yang meningkat dari siklus I 60%, pada siklus II menjadi 70% pada siklus ke III meningkat menjadi 90%.

Kata kunci: kemampuan berhitung, kartu bergambar

One of the problem faced were less TK Putra Bhakti is the of some children’s ability of counting in group Al, included : 1) Mention number 1 to 10, 2) Match the subject in a pair, 3) Differentiate and collect the subject with the same number, different number, more and less number 4) Guess the next turn from a system. Based on those problems, the formulation of problem discussed in this research is whether through applying illustrated card can increase the ability of counting in group A1 TK Putra Bhakti Surabaya. This research used Clasroom Action Research included 3 (three) cycles, with the result that there is an increases the ability of counting in group A1 through appliying illustrated card method. It is visible that the increase of level of achievement development in each indicator in the development of the ability of counting in each cycle increase significantly. It is showed with the increasing percentage from cycle I 60%, to be 70% in cycle II and increase 90% in cycle III.

Key words : the ability of counting, illustrated card

Published
2013-05-01
Section
Articles
Abstract Views: 24
PDF Downloads: 72