MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI KEGIATAN MENGGUNAKAN MEDIA KLIPING GAMBAR PADA KELOMPOK B DI TK MARDI BUDI JABON JOMBANG

  • WIDYA SRIASTUTIK

Abstract

Abstrak

 

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berbicara melalui media kliping gambar pada kelompok B di TK Mardi Budi Jabon Jombang. Subyek yang diteliti anak kelompok B TK Mardi Budi Jabon Jombang yang berjumlah 13 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan statistik deskriptif yaitu berdasarkan analisis refleksi pada siklus. Hasil dari penelitian ini pada siklus I, aktivitas guru menunjukkan persentase 75,00% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 81,25%. Aktivitas anak pada siklus I sebesar 68,75% meningkat menjadi 75,00% pada siklus II. Nilai rata-rata kemampuan berbicara pada siklus I tingkat perkembangannya memperoleh persentase sebesar 69,02% dan pada siklus II  meningkat menjadi 88,46 %. Berdasarkan uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berbicara pada kelompok B di TK Mardi Budi Jabon Jombang melalui media kliping gambar.

Kata Kunci : Kemampuan Berbicara, Media Kliping Gambar.

 

 

Abstract

 

This classroom action research aims to describe the ability to recognize to speak through the clipping image media in group B at Mardi Budi Jabon Jombang kindergarten. Subjects who studied children group B at Mardi Budi Jabon Jombang kindergarten which amounted to 13 children. Data collection techniques using observation and documentation. Technique of data analysis this research use descriptive statistic that is based on analysis of reflection on cycle. The result of this research in cycle I, teacher activity showed percentage 75,00% then in cycle II increased to 81,25%. Activity of children in cycle I of 68,75% increased to 75.00% in cycle II. The average value of the ability to recognize the concept of 1-10 numbers in the cycle I development rate obtained a percentage of 69,02% and in the second cycle increased to 88,46%. Based on the above description it can be concluded that there is an increase in the ability to recognize to speak in group B at Mardi Budi Jabon  Jombang kindergarten through the clipping image media. Keywords: speaking ability, clipping image media.

Published
2017-09-09
Abstract Views: 9
PDF Downloads: 78