PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL WARNA DENGAN MEDIA LEGO PADA ANAK KELOMPOK A TK AL-AMIN WAGE SIDOARJO

  • Zumrotus Solicha

Abstract

Pengembangan kemampuan anak pada rana kognitif meliputi mengkaji dan mengenal fenomena alam yang terjadi
dalam kehidupan sehari-hari, yaitu pengenalan warna. Mengenal warna sangat dibutuhkan untuk anak usia dini, karena
dengan mengerti akan warna maka anak mampu membedakan akan berbagai macam warna. Pada kelompok A TK ALAmin
Sidoarjo banyak anak yang belum memahami dan menyebutkan 1-5 warna, dengan media lego dapat
meningkatkan kemampuan kognitif mengenal warna karena di lego terdapat berbagai warna-warna yang menarik.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “bagaimanakah meningkatkan kemampuan kognitif mengenal warna
dengan menggunakan media lego pada anak kelompok A TK Al-Amin Wage Sidoarjo”. Tujuan penelitian ini adalah
untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif anak dalam mengenal warna dengan menggunakan media lego
pada kelompok A TK AL-Amin. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas dan dilakukan 2 siklus, setiap
siklus 2 kali pertemuan. Pada siklus I dan siklus II yang dibahas adalah peningkatan kemampuan kognitif mengenal
warna dengan media lego untuk memahami dan mengerti 1-5 warna. Dalam penelitian ini metode yang digunakan
adalah observasi, untuk menganilisis data digunakan metode prosentse. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan
adanya peningkatan, yaitu siklus I menunjukkan nilai 65% yang berarti belum tuntas karena belum mencapai lebih dari
76%. Pada siklus II skor meningkat menjadi 85% yang berarti telah mencapai 76%. Hal ini menunjukkan bahwa
penggunaan lego dapat meningkatkan kemampuan kognitif mengenal warna dikelompok A TK AL-Amin Sidoarjo.

Kata kunci : kemampuan kognitif, mengenal warna, media lego.

Abstract

Developing children skill in cognitive domain includes studying and recognizing nature phenomenon in the daily
life that is recognizing color. Recognizing color is much needed for early age children, because with understanding
about color so the children can difference various color. In Group A kindergarten al-Amin Wage Sidoarjo many
students have not understood and mentioned 1-5 colors, through the lego media can increase cognitive skill in
recognizing color, because in the lego there is various interesting color. The matter formula in this research is “how to
increase cognitive skill through lego media for children in Group A kindergarten al-Amin Wage Sidoarjo”. The purpose
of this research is to know the increase of cognitive skill of children in recognizing color by using lego media in Group
A kindergarten al-Amin. This research forms classroom action research and carried out in 2 cycles, in every cycle there
are twice meetings. In the cycle I and cycle II the studied is the increase of cognitive skill in recognizing color through
lego media to understand and know 1-5 colors. The method that used in this research is observation, to analyze the data
uses percentage method. Based on the result of the research showed an increase, the cycle I showed 65% it means
uncomplete yet because it has not reached more than 76%. In the cycle II, the value increased as 85% it means it has
reached 76%. This showed that using lego media can increase cognitive skill in recognizing color in Group A
kindergarten al-Amin Wage Sidoarjo.

Keywords: cognitive skill, recognizing color, the lego media

Published
2013-06-01
Section
Articles
Abstract Views: 17
PDF Downloads: 596