PENGARUH PENGGUNAAN VCD EDUKATIF TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA AWAL ANAK KELOMPOK A DI TAMAN KANAK – KANAK DHARMA WANITA PERSATUAN INDRO GRESIK

  • Faizzatur Rohmatika

Abstract

Media merupakan berbagai jenis komponen dalam lingkungan anak yang dapat merangsang anak untuk belajar. Media yang lebih tepat untuk pembelajaran Anak Usia Dini yaitu, sederhana, kongkrit, sesuai dengan dunia anak-anak, langsung terkait dengan pengalaman anak dan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari anak. Media VCD termasuk salah satu media yang dapat meningkatkan kemampuan membaca. Membaca sangat penting bagi anak, karena dengan membaca anak akan mempunyai rasa kebahasaan yang lebih tinggi sehingga anak bisa belajar ketahap selanjutnya. Kemampuan membaca yang dimaksud untuk anak TK adalah kemampuan mengenal huruf abjad, vokal, dan konsonan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan media VCD edukatif dapat berpengaruh terhadap kemampuan membaca awal anak kelompok A di TK Dharmawanita Persatuan Indro Gresik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pre Experimental design dengan disain dengan menggunakan metode penelitian One Group Pretest – Posttest design. Subyek penelitiannya adalah anak kelompok A di TK Dharmawanita Persatuan Indro yang berjumlah 40 anak dengan sampel berjumlah 20 anak. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive (purposive sampling). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pretest-posttest dengan bentuk test lisan. Data yang diperoleh dari tes lisan dianalisis dengan menggunakan tabel penolong Wilcoxon Match Pairs Test dengan sampel 20 anak.
Berdasarkan hasil perhitungan tabel penolong Wilcoxon Match Pairs Test diketahuai bahwa harga T < T tabel dengan taraf signifikan 5% = 52. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media VCD berpengaruh terhadap kemampuan membaca awal anak kelompok A TK Dharmawanita Persatuan Indro Gresik. Dengan hasil tersebut, maka media VCD dapat dijadikan tambahan dan alternative media pembelajaran untuk anak TK Dharmawanita Persatuan Indro Gresik.

Kata kunci : VCD edukatif, kemampuan membaca awal.

Abstract

Medias has different types of components in child’s environment which can stimulate to learn. The better media for early age children’s learning is a media which is simple, concrete, suitable with children’s world, and directly connected with the children’s experience, also useful for their daily live. Nowadays, one of media that can encourage child’s first reading process is VCD. In this child’s first process of reading, the child begin to introduce many vocal and consonant words.
The purpose of this study was to determine whether the application of VCD educative media able to the influence toward ability of reading ongoup A in kindergarten of Dharmawanita Persatuan Indro Gresik. this research was a quantitative whit The method of study which is used is pre – experimental study with one group pretest – posttest design. The subject of the study was 40 children at group A of kindergarten of Dharmawanita Persatuan Indro with 20 children as the sample. The data collection was done by using oral test. The data collected from oral test was analyzed using wilcoxon Match Pairs Test helper table by 20 children as the sample.
Based on the result of the calculation of Wilcoxon Match Pairs Test helper table, it was known that the value of T = 0 was smaller than the value of T table with 5% of significance level. So, it can be concluded that there is an influence of using VCD media toward children’s ability in first reading at group A of kindergarten of Dharmawanita Persatuan Indro Gresik. By the end of this study, VCD media can be used as an additional and alternative media in teaching and learning for the children of kindergarten of Dharmawanita Persatuan Indro Gresik.

Key Words: educative VCD, ability in first reading

Published
2013-06-01
Section
Articles
Abstract Views: 16
PDF Downloads: 22