MENINGKATKAN KEMAMPUAN BAHASA ANAK DALAM MEMBACA DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU HURUF BERGAMBAR KELOMPOK A DI TK MAWAR JL. KUTISARI SELATAN V/69 KEC. TENGGILIS MEJOYO SURABAYA

  • Yuniastuti Yuniastuti

Abstract

Anak kelompok A di Tk Mawar Jl. Kutisari Selatan V/69 Kec. Tenggilis Mejoyo Surabaya sebagian besar
dalam mengenal kosa kata masih kurang, dikarenakan anak masih belum mampu mengutarakan bahasa dalam
membaca dengan lancar, menghubungkan huruf depan dengan kata dan menyebutkan yang huruf awalnya sama.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan bahasa dalam membaca dengan media
kartu huruf bergambar bagi kelompok A di TK Mawar Jl. Kutisari Sealatan V/69 Kec. Tenggilis Mejoyo Surabaya.dan
untuk mengetahui adanya aktifitas guru dan anak dalam proses belajar mengajar bahasa anak dalam membaca dengan
media kartu huruf bergambar bagi kelompok A di Tk Mawar Jl. Kutisari Selatan V/69 Kec. Tenggilis Mejoyo
Surabaya.Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan Subyek penelitian
anak kelompok A TK Mawar Jl. Kutisari Selatan V/69 Kec. Tenggilis Mejoyo Surabaya. Keterlaksaan PTK
dilaksanakan dalam 2 siklus melalui proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan kartu huruf bergambar.
Data penelitian dikumpulkan melalui lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Dari analisis didapatkan
bahwa kemampuan bahasa anak dalam membaca dengan media kartu huruf bergambar. Siklus I dengan perolehan
persentase 53,3 % menjadi 90 % siklus ke II merujuk pada angka persentase tersebut, maka disimpulkan dengan melalui
berbagai perbaikan tindakan siklus I dan II diperoleh bukti nyata bahwa penguasaan anak dalam membaca kelompok A
di Tk Mawar Jl. Kutisari Selatan V/69 Kec. Tenggilis Mejoyo Surabaya.
Dari kesimpulan dalam PTK ini bahwa media kartu huruf bergambar dapat meningkatkan kemampuan bahasa
anak dalam membaca pada kelompok A di Tk Mawar Jl. Kutisari Selatan V/69 Kec. Tenggilis Mejoyo Surabaya.

Kata kunci : Media kartu huruf bergambar, meningkatkan kemampuan bahasa

ABTRACT

Most of children of group A in TK Mawar Jl. Kutisari Selatan V/69 Tenggilis Mejoyo Surabaya do not
recognize vocabularies well becuse they have not been able to express the language in reading fluently, match the initial
letter with the word and mention the words hve the same initial letter.
This research aimed to know the increase of language skill in reading through illustrated alphabet card in group
A TK Mawar Jl. Kutisari Selatan V/69 Tenggilis Mejoyo Surabaya and to know teacher's and student's activities in
learning process of language skill in reading through illustrated alphabet card in group A TK Mawar Jl. Kutisari Selatan
V/69 Tenggilis Mejoyo Surabaya.
This research used Classroom Action Research as the participants are the children of group A TK Mawar Jl.
Kutisari Selatan V/69 Tenggilis Mejoyo Surabaya. This research is carried out in 2 cycles through the learning process
by using illustrated alphabet card.
The data of research is collected by doing an observation of learning process. From the analysis, the children's
language skill in reading through illustrated card is reached. Cycle I gets the percentage 53,3% and increase to be 90%
in the cycle II. Based on those percentages, it can be concluded that by the improvement of cycle I and II, there is an
increase of students ability in reading in group A TK Mawar Jl. Kutisari Selatan V/69 Tenggilis Mejoyo Surabaya.
From the conclusion in this research, it is known that the illustrated alphabet card can increase the children's
language skill in reading in group A TK Mawar Jl. Kutisari Selatan V/69 Tenggilis Mejoyo Surabaya.

Key words: the illustrated alphabet card media, language skill

Published
2013-06-01
Section
Articles
Abstract Views: 16
PDF Downloads: 64