PENGARUH PENERAPAN MEDIA VCD PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK KELOMPOK A DI TK AS-SHOLAH TULANGAN-SIDOARJO

  • Ika Ayu Susanti

Abstract

Pendidikan anak usia dini setiap tahunnya semakin meningkat dan di Indonesia anak harus cerdas dan
berwawasan luas. Oleh karena itu, peran orang tua dalam keluarga sangatlah penting dalam tercapainya setian aspek
perkembangan yaitu nilai moral dan agama, kognitif, bahasa, sosial emosional dan aspek perkembangan fisik motorik,
terlebih lagi perkembangan bahasa anak yang kelak akan berguna ketika dewasa sebagai media komunikasi. Namun,
dalam berbicara saja kebanyakan anak-anak masih mengalami kesulitan apalagi ketika anak tumbuh dewasa akan
melakukan komunikasi lainnya seperti pembicaraan, diskusi, dan tanya jawab. Sehingga setiap anak diharapkan
mencapai tingkat pencapaian perkembangannya secara optimal.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan media VCD pembelajaran anak dapat
meningkatkan kemampuan berbicara pada anak di kelompok A TK As-Sholah Tulangan Sidoarjo. Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Independent Sample t Test. Subyek dalam penelitian ini
adalah seluruh anak kelas A1 yang dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok kontrol 9 anak dan kelompok
eksperimen 9 anak di TK As-Sholah Tulangan Sidoarjo yang berjumlah keseluruhan 18 anak.
Berdasarkan hasil penelitian, dengan menggunakan rumus T-Test For Equality Of Means diperoleh skor
sebesar -2,631 dan tingkat signifikan (sig) sebesar 0,018. Nilai thitung yang dihasilkan sebesar -2,631 dengan tingkat
signifikan (sig) kurang dari 5%, maka dinyatakan bahwa ada perbedaan kemampuan berbicara yang signifikan antara
kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen, dimana rata-rata kemampuan berbicara pada kelompok kontrol lebih
rendah dibandingkan rata-rata kemampuan berbicara pada kelompok eksperimen atau dengan kata lain, penerapan
media VCD pembelajaran anak dapat meningkatkan kemampuan berbicara anak kelompok A di TK As-Sholah
Tulangan Sidoarjo.

Kata kunci : media VCD pembelajaran, kemampuan berbicara anak.

Abstrack

Early childhood education is increasing every years. All students in Indonesia have to be smart and insightful,
as well as early childhood. There also demands in learning to use more sophisticated media in order that future will be
better in every aspect of accomplishing development. Because of that, the role of parents in family are very important in
achieving each developmental aspects such as moral and religious values, cognitive, language social emotional and
motoric physical development that will be useful when grown as a media of communication. However, children mostly
still have trouble in speaking especially when children are growing older, they will communicate such as conversation,
discussion, and question and answering. Thus, by applying learning method of VCD media to improve children
speaking ability, later on they will change the ways of improving children ability to speak using old way to change
better one. So that, every child is expected to achieve an optimal development level of achievement.
The purpose of this study was determine whether the application of VCD learning media able to improve
children speaking ability in group A at TK As-Sholah Tulangan Sidoarjo. This research was a quantitative study using
Independent Sample t Test method. The subjects in this study were all students of A1 that divided into 2 groups such as:
control group 9 children and experimental group 9 children at TK As-Sholah Tulangan Sidoarjo totaling 18 children
overall.
Based on the research results, using the formula T-Test For Equality Of Means and observations improved
children speaking ability was obtained score of -2.631 and significant level (sig) was 0.018 Tcount generated by -2.631
and significant level (sig) less than 5%. Then stated that there were significant differences in speech between control
group and experimental group, where the average of speaking ability in control group was lower than experimental
group averagely, or in other words the application of VCD learning media able to improve children speaking ability in
group A at TK As-Sholah Tulangan Sidoarjo.

Keywords: VCD learning media, children speaking ability.

Published
2013-06-01
Section
Articles
Abstract Views: 34
PDF Downloads: 38