MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA  MELALUI MEDIA KARTU KATA BERGAMBAR PADA ANAK USIA 3-4 TAHUN KB SPS NUR AMIN RIDWAN GADINGMANGU JOMBANG

  • SITI MUYASAROH

Abstract

Abstrak

 

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan berbicara  melalui media kartu kata bergambar pada anak usia 3-4 tahun KB SPS Nur Amin Ridwan Gadingmangu Jombang. Subyek penelitian adalah anak usia 3-4 tahun di KB SPS Nur Amin Ridwan Gadingmangu Jombang dengan jumlah 17 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan statistik deskriptif yaitu berdasarkan analisis refleksi pada siklus. Hasil dari penelitian ini pada siklus I, aktivitas guru menunjukkan persentase 68,75% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 87,50%. Aktivitas anak pada siklus I sebesar 65,63% meningkat menjadi 81,25% pada siklus II. Nilai rata-rata Kemampuan berbicara siklus I sebesar 57,8% dan pada siklus II  meningkat menjadi 84,4%. Berdasarkan uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berbicara  melalui media kartu kata bergambar pada anak usia 3-4 tahun KB SPS Nur Amin Ridwan Gadingmangu Jombang.

Kata kunci: Kemampuan Bicara, Media Kartu Kata Bergambar.

 

Abstract 

 

This classroom action research is aimed to describe the improvement of speech ability through pictorial word card media in children aged 3-4 years KB SPS Nur Amin Ridwan Gadingmangu Jombang. Subjects were children aged 3-4 years in KB SPS Nur Amin Ridwan Gadingmangu Jombang with the number of 17 children. Data collection techniques use observation and documentation. Technique of data analysis this research use descriptive statistic that is based on analysis of reflection on cycle. The result of this research in cycle I, teacher activity showed percentage 68,75% then in cycle II increased to 87,50%. The activity of children in the first cycle of 65.63% increased to 81.25% in cycle II. The average value of the ability to recognize the concept of 1-10 cycles I number of 57.8% and in the second cycle increased to 84.4%. Based on the above description it can be concluded that there is an increase in the ability to speak through the media word cards pictorial on children aged 3-4 years KB SPS Nur Amin Ridwan Gadingmangu Jombang.

Keywords: Speech Capability, Word Card Picture Media

Published
2017-11-02
Abstract Views: 210
PDF Downloads: 1205