PENGGUNAAN MEDIA KARTU BERGAMBAR UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN SISWA DALAM MENGENAL KONSEP BILANGAN DAN LAMBANG BILANGAN 1-10 PADA SISWA KELOMPOK A TK KRISNAMURTI III SURABAYA

  • Siti Sadidah

Abstract

Hasil observasi yang dilakukan di TK Krisnamurti III Surabaya, menunjukkan adanya
kekurangan dalam menyediakan media yang menarik untuk pembelajaran mengenal konsep bilangan
dan lambang bilangan, yang berakibat anak kurang bersemangat dalam belajar. Padahal media
pembelajaran merupakan bagian dari metode yang sangat efektif untuk membantu pemahaman anak
dalam mengenal konsep bilangan dan lambang bilangan, salah satunya dalam hal ini adalah dengan
media kartu bergambar. Berdasarkan kondisi tersebut maka dilakukan penelitian tindakan kelas (PTK)
dikelompok A TK Krisnamurti III Surabaya dengan jumlah 22 anak. Adapun tujuan penelitian ini
adalah untuk membuktikan bahwa kartu bergambar benar-benar dapat digunakan sebagai media untuk
meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal konsep bilangan dan lambang bilangan. Hasil
pengamatan yang dilakukan oleh peneliti dari pembelajaran yang tidak memakai kartu bergambar
dengan pembelajaran yang menggunakan media kartu bergambar, diketahui bahwa tingkat pemahaman
anak dalam mengenal konsep bilangan dan lambang bilangan lebih baik setelah proses pembelajaran
menggunakan bantuan kartu bergambar. Dalam tahapan penelitian, penggunaan media kartu bergambar
seperti : gambar piring, sendok, garpu, gelas, dan pohon angka, pada siklus I dapat mencapai
ketuntasan pembelajaran sampai 41 %. Dan pada siklus II ketuntasan pembelajaran bisa meningkat
sampai 86 %. Berdasarkan dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan, bahwa penggunaan kartu
bergambar merupakan media yang efektif dalam mengenalkan konsep bilangan dan lambang bilangan
pada anak. karena dengan menggunakan kartu bergambar akan lebih menarik perhatian anak, sehingga
anak lebih termotivasi untuk mengikuti pelajaran.

Kata kunci : kartu bergambar, konsep bilangan dan lambang bilangan

Abstract

The result of observation held in TK Krisnamurti III Surabaya showed that there is a lack of
giving an interesting media for learning the concept and the symbol of number which causes the
children not spirited enough in learning. Whereas, learning media is a part of effective method to help
children's understanding about the concept and symbol of number, one of the media aimed in this case
is illustrated card. Based on that condition, it was carried out the Classroom Action Research in group
A TK Krisnamurti III Surabaya with 22 children. This research aimed to prove that illustrated card can
really used as a media to increase the children's ability in recognizing the concept and the symbol of
number. The result showed that children's understanding about the concept and the symbol of number
is better after using illustrated card media. In research, the use of illustrated card media as the picture
of plate, spoon, fork, glass and number tree, in the cycle I get the completeness up to 41% and increase
to be 86% in cycle II. Based on those results, it can be concluded that illustrated card is an effective
media in recognizing the concept and the symbol of number to the children. Because by using
illustrated card, the children will be interested so that they are more motivated to join in learning
process.

Key words: illustrated card, the concept of number and the symbol of number

Published
2013-06-01
Section
Articles
Abstract Views: 35
PDF Downloads: 1843