MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP BILANGAN 1-10 MELALUI MEDIA BIJIBIJIAN PADA KELOMPOK A DI TK DARUL HIKMAH 2 KARANGAN BARENG JOMBANG
Abstract
Abstrak Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan 1- 10 melalui media biji-bijian pada kelompok A di TK Darul Hikmah 2 Karangan Bareng Jombang. Subyek penelitian adalah anak usia 4-5 tahun di TK Darul Hikmah 2 Karangan Bareng Jombang dengan jumlah 17 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan statistik deskriptif yaitu berdasarkan analisis refleksi pada siklus. Hasil dari penelitian ini pada siklus I, aktivitas guru menunjukkan persentase 70,00% kemudian pada siklus II meningkat menjadi 87,50%. Aktivitas anak pada siklus I sebesar 67,50% meningkat menjadi 92,50% pada siklus II. Nilai rata-rata kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 siklus I sebesar 58,82% dan pada siklus II meningkat menjadi 82,35%. Berdasarkan uraian di atas maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan mengenal konsep bilangan 1-10 melalui media biji-bijian pada kelompok A Di TK Darul Hikmah 2 Karangan Bareng Jombang. Kata Kunci : Konsep Bilangan 1-10, Media Biji-Bijian.
Abstract This classroom action research aims to describe the improvement of the ability to recognize the concept of number 1- 10 through the medium of natural materials in group A in TK Darul Hikmah 2 Karangan Bareng Jombang. Research subjects were children aged 4-5 years in kindergarten Darul Hikmah 2 Karangan Bareng Jombang with the number of 17 children. Data collection techniques use observation and documentation. Technique of data analysis this research use descriptive statistic that is based on analysis of reflection on cycle. Result of this research in cycle I, teacher activity show percentage 70,00% then in cycle II increased to 87,50%. Activity of children in cycle I of 67.50% increased to 92.50% in cycle II. The average value of the ability to recognize the concept of the number 1-10 cycles I of 58.82% and on the second cycle increased to 82.35%. Based on the above description it can be concluded that there is an increase in the ability to recognize the concept of the number 1-10 through the media of natural materials in group A in TK Darul Hikmah 2 Karangan Bareng Jombang. Keywords: Concept Of Number 1-10, Seeds Media.
PDF Downloads: 1935