PENGARUH KEGIATAN MENGGUNTING KERTAS PELANGI TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK KELOMPOK B DI TK AISYIYAH III NGANJUK

  • ISNAINI KURNIAWATI

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan menggunting kertas pelangi terhadap kemampuan  motorik halus anak kelompok B di TK Aisyiyah III Nganjuk. Subjek penelitian adalah anak kelompok B usia 5-6 tahun di TK Aisyiyah III Nganjuk yang berjumlah 20 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan Wilcoxon Matched Pairs Test dengan rumus Thitung <Ttabel. JikaThitung lebih kecil dari Ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh Thitung = 0 dan Ttabel untuk N = 20 dengan taraf signifikan 5% sebesar 52, maka Thitung < Ttabel (0<52). Data tersebut menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kegiatan menggunting kertas pelangi berpengaruh terhadap kemampuan motorik halus anak kelompok B di TK Aisyiyah III Nganjuk. 

           Kata Kunci: Menggunting Kertas Pelangi, Motorik Halus

 

Abstract

This to know the effect of cutting rainbow papers towards the ability of children’s smooth motoric in group B of Aisyiyah Kindergarten III Nganjuk. This research subjects are children, in group B age 5-6 years old in Aisyiyah Kindergarten III Nganjuk which amounts twenty. The data collecting technique uses observation and documentation. This data analysis technique uses Wilcoxon Matched Pairs Test, with formula Tcount< Ttableif Tcount  smaller than Ttable, so Ho is refused and Ha is accepted. Based  on the result of data analysis it is received that Tcount = 0 and T able (0<52). These Data show that Ho is refused  and Ha is accepted. So that it can be concluded that the learning activity using rainbow paper influenced towards the ability of children’s smooth motoric group B in Aisyiyah Kindergarten III Nganjuk.

Keywords: Cutting Rainbow Paper, Fine Motor

Published
2017-12-22
Abstract Views: 79
PDF Downloads: 122