PENGARUH MEDIA DIORAMA KOLAM PANCING TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA 1-10 PADA ANAK KELOMPOK A DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL II KELURAHAN BOGO KECAMATAN NGANJUK
Abstract
Abstrak
Penelitian Pre-Experimental Design ini bertujuan untuk mengkaji ada atau tidaknya pengaruh media diorama kolam pancing terhadap kemampuan mengenal angka 1-10 pada anak kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Atfhal II Kelurahan Bogo Kecamatan Nganjuk. Populasi penelitian ini adalah anak kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal II Kelurahan Bogo Kecamatan Nganjuk yang berjumlah 20 anak kelompok A. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan Wilcoxon Match Pairs Test dengan rumus Thitung < Ttabel dengan menggunakan taraf signifikan 5%. Jika Thitung lebih kecil dari pada Ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh Thitung = 0 dan Ttabel untuk N=20 dengan taraf signifikan 5% adalah senilai 52, maka Thitung < Ttabel (0< 52). Berdasarkan olah data maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi penelitian ini dapat disimpulkan media diorama kolam pancing berpengaruh terhadap kemampuan mengenal angka 1-10 pada anak kelompok A di TK Aisyiyah Bustanul Athfal II Kelurahan Bogo Kecamatan Nganjuk.
Kata kunci: Media diorama, Mengenal angka 1-10
Abstract
This research Pre Experimental Design aims to examine influence media of fhising poud diorama to the ability of recognizing the knowing number concept of in childhood in group A kindergarten Aisyiyah Bustanul Athfal II Vilage Bogo Distrage Nganjuk. The population is children in group A kindergarten Aisyiyah Bustanul Athfal II Vilage Bogo Distrage Nganjuk with which amounts 20 children. Techniques data collection using observation and documentation. Technique of data analysis of this research use wilcoxon match pairs test with formula Tcount < Ttable with significant level 5%. If Tcount smaller than Ttable , Ho is rejected and Ha accepted. The result of data analysis shows that Tcount = 0, while Ttable with children amounts 20 (N=20) obtained of 52, then 0 < 52. From the result of data analysis, it can be concluded than Ho is rejected and Ha accepted. So,it can be concluded that media of fhising poud diorama is influential on the ability to recognizing of knowing number 1-10 of children group A in kindergarten Aisyiyah Bustanul Athfal II Vilage Bogo Distrage Nganjuk
Keywords: Media diorama, Knowing number 1-10
PDF Downloads: 39