STUDI DESKRIPTIF PERBANDINGAN KINERJA GURU TK DALAM PENGGUNAAN LKA DAN APE DI DESA KEBONAGUNG KECAMATAN SUKODONO SIDOARJO

  • KHAIRUNNISA NOVIANI

Abstract

Abstrak

Penelitian kualitatif deskriptif ini bertujuan untuk menggambarkan perbandingan kinerja guru TK dalam penggunaan LKA dan APE di desa Kebonagung Sukodono Sidoarjo. Subyek penelitian ini adalah RA At-Taqwa dan TK Mutiara Anak Sholeh. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan analisis Miles dan Huberman yang dimulai dari reduksi data, penyajian  data hingga pada verifikasi data/simpulan. Hasil penelitian ini menggambarkan bahwa adanya perbedaan dalam penggunaan media LKA dan APE yang mempengaruhi kinerja guru dalam proses kegiatan belajar mengajar sehingga berdampak kepada peserta didik. Dampak guru yang menggunakan media LKA lebih dominan yaitu adanya hambatan dalam mencapai tujuan pembelajaran karena tidak ada umpan balik antara guru dengan anak. Sementara itu, dampak guru yang menggunakan media APE lebih dominan adalah anak lebih dapat memahami materi dalam proses kegiatan belajar walaupun guru harus bekerja lebih ekstra.

Kata kunci : Kinerja Guru, Lembar Kerja Anak, Alat Permainan Edukatif.             

Abstract

This descriptive qualitative research aims to describe the comparison of teacher kindergarten performance in the use of LKA and APE in the village of Kebonagung Sukodono Sidoarjo. The subjects of this study were RA At-Taqwa and TK Mutiara Anak Sholeh. Data collection techniques used observation, interview and documentation techniques. Data analysis using Miles and Huberman analysis starting from data reduction, data presentation up to data verification / conclusion. The results of this study illustrate that the differences in the use of LKA and APE media that affect the performance of teachers in the process of teaching and learning activities that impact to learners. The impact of teachers using LKA media more dominant is the obstacles in achieving the learning objectives because there is no feedback between teachers and children. Meanwhile, the impact of teachers using APE media more dominant is that children are more able to understand the material in the process of learning activities even though teachers have to work more extra.

Key Word : Teacher Performance, Child Worksheet, Educational Game Tool.

Published
2018-01-12
Abstract Views: 102
PDF Downloads: 591