PENGARUH PENGGUNAAN TEKNIK MIND MAP TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA PADA ANAK KELOMPOK B DI RA RADEN PAKU KEDAMEAN-GRESIK

  • Dewi Mutiarah Mania

Abstract

Kosakata merupakan bagian dari perkembangan bahasa anak yang harus diberikan stimulasi agar berkembang secara optimal. Salah satu dari perkembangan bahasa anak adalah kosakata. Pentingnya kosakata bagi anak adalah dapat menambah pengetahuan dan mempermudah komunikasi anak dengan orang lain. Berdasarkan observasi, penguasaan kosakata anak di RA Raden Paku Kedamean-Gresik belum optimal. Hal itu terjadi karena guru di RA Raden Paku Kedamean-Gresik menggunakan cara mengajar yang kurang variasi dalam penyampaiannya. Sehingga dalam proses pembelajaran, masih terdapat anak yang tidak memahami materi yang disampaikan. Penguasaan kosakata anak di RA Raden Paku Kedamean-Gresik yang belum optimal menjadi latar belakang penelitian untuk mengetahui hasil penggunaan teknik mind map terhadap penguasaan kosakata pada anak kelompok B Di RA Raden Paku Kedamean-Gresik. Teknik mind map merupakan teknik pemanfaatan keseluruhan otak dengan menggunakan citra visual dan prasarana grafis lainnya untuk membentuk kesan sehingga dapat memperkaya perbendaharaan kata serta meningkatkan pemahaman Penelitian ini menggunakan desain penelitian Quasi-Eksperimental jenis Nonequivalent Control Group Design dengan melakukan observasi sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol yang tidak dipilih secara random. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan adalah non random sampling dengan menggunakan teknik purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 20 anak dari kelompok B1 sebagai kelompok eksperimen dan 20 anak dari kelompok B2 sebagai kelompok kontrol. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis statistik parametrik dengan t-test independent (Uji t). Berdasarkan hasil penelitian, hasil skor rata-rata penguasaan kosakata di RA Raden Paku Kedamean pada kelompok eksperimen meningkat 12,3 poin. Sedangkan hasil skor rata-rata penguasaan kosakata pada kelompok kontrol meningkat 6,7 poin. Berdasarkan hasil perhitungan Uji t, diperoleh nilai thitung ≥ ttabel atau 8,679 ≥ 2,750. Berdasarkan hal tersebut, disarankan agar guru dapat menambah variasi mengajar menggunakan teknik mind map dengan mengikuti langkah-langkah membuat mind map yang benar dan bagi penelitian selanjutnya dapat mengkaji teknik mind map dengan melibatkan variabel lain selain penguasaan kosakata. Kata Kunci:   teknik mind map, kosakata, anak kelompok B. Abstract Vocabulary is a part of children language’s development aspect in which stimulation must be given in order to develop optimally. The importance of vocabulary for the children are giving them more knowledge and making communication with others easily. Based on the observation, children’s vocabulary at RA Raden Paku Kedamean-Gresik has not been optimal. It is because the teacher of RA Raden Paku Kedamean-Gresik still uses the monotonous teaching methods. Therefore, there are some children who still cannot understand the given materials in the learning and teaching process. The background of this research is the children at RA Raden Paku Kedamean-Gresik who are still lack of the knowledge of the vocabulary. The purpose of this research is to know the effect of using mind map for the knowledge of the vocabulary of children at RA Raden Paku Kedamean-Gresik. Mind map techniqueis a technique which uses the whole brain by using visual aspect and another graphics to create something to increase the children’s vocabularies list and their understanding. This research uses Quasi_Experimental research in the form of Nonequivalent Control Group Design. This research is conducted by doing observation after and before the children are given treatment. The group is not chosen randomly. The data collecting methods are observation and documentation. The sampling technique used is non random sampling by using purposive sampling. The samples of this research are 20 children from B1 group as the experimental group and 20 children from B2 group as the control group. The analysis technique used in this research is parametric statistical analysis by using t-test independent. Based on the research, the average vocabulary’s score for experimental group increases 12,3 point and for control group increases 6,7 at RA Raden Paku Kedamean-Gresik. Based on the t-test, t count ≥ ttable, or 8,679 ≥ 2,750. According to that matter, it is suggested that a teacher can improve various of teaching techniques using mind map by following each step to make a right from of mind map and for further research to examine deeply the use of mind map by using another variable beside vocabulary mastery. Keywords:   mind map technique, vocabulary, B group children.

Author Biography

Dewi Mutiarah Mania
Published
2013-06-01
Section
Articles
Abstract Views: 28
PDF Downloads: 46