PENINGKATAN KETRAMPILAN BERBAHASA MELALUI PENGENALAN SIMBOL-SIMBOL HURUF DENGAN MEDIA GAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B TK KELUT KECAMATAN SAWAHAN SURABAYA

  • sri Suminarningsih

Abstract

Belajar mengenal simbol-simbol huruf pada hakikatnya adalah aktivitas untuk meningkatkan membaca permulaan pada diri individu, perubahan berbahasa berkembang karena adanya usaha individu yang bersangkutan baik yang mencakup latihan secara rutin dan aktifitas yang sesuai kemampuan dan perkembangan anak. Pada umumnya anak TK masih mengalami kesulitan dalam mengembangkan berbahasa anak, dan secara khusus kondisi tersebut salah satunya pengaruh dari rendahnya kreativitas guru dalam menentukan media pembelajaran kepada anak. Dalam penelitian ini dapat dirumuskan masalah sebagai berikut : Bagaimana mengembangkan media gambar untuk meningkatkan ketrampilan berbahsa melalui pengenalan simbol-simbol huruf pada anak kelompok B di TK Kelut Surabaya ? dan apakah media gambar dapat meningkatkan ketrampilan berbahasa melalui pengenalan simbol-simbol huruf pada anak kelompok B TK Kelut Surabaya ?.Tujuan penelitian ini yaitu mendiskripsikan pengembangan media gambar dapat meningkatkan ketrampilan berbahsa melalui pengenalan simbol-simbol huruf pada anak kelompok B TK Kelut Surabaya dan untuk mengetahui peningkatan ketrampilan berbahasa melalui pengenalan simbol-simbol huruf dengan media gambar pada anak kelompok B TK Kelut Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang meliputi dua siklus. Tiap siklus dilakukan secara berurutan yang terdiri dari empat tahap yaitu : 1) perencanaan, 2) tindakan, 3) observasi dan 4) refleksi. Data penelitian diambil melalui observasi di kelas. Berdasarkan analisis data penelitian dan pembahasan, maka diperoleh hasil bahwa penerapan pengenalan symbol-simbol huruf dengan media gambar mengalami peningkatan ketrampilan berbahasa anak pada siklus I sebesar 63 % dan siklus II hasil yang di capai sebesar 86%. Perilaku yang ditunjukkkan anak pun berubah setelah diberikan tindakan. Anak lebih senang dan antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran serta semakin aktif. Sehingga dapat di simpulkan bahwa media gambar melalui pengenalan symbol-simbol huruf dapat meningkatkan ketrampilan berbahasa pada anak kelompok B di TK Kelut Surabaya. Kata Kunci : media gambar, peningkatkan ketrampilan berbahasa ABSTRACT In the fact, learn to recognize the symbols of the letter is to improve reading beginning at the individual, developing language changes because of the efforts of the individual concerned whether that includes exercises on a regular basis and the appropriate capabilities and activities child development. Generally kindergarten still have difficulty in developing a child's language, and in particular the condition of one of them the influence of the low teachers ' creativity in determining media learning to the child. In this study can be formulated as follows: how to develop media images to improve language skills through the introduction of letter symbols in Group B in TK Kelut Surabaya? and whether the media images can enhance language through introduction of   2 letter symbols in Group B TK Kelut Surabaya?.The purpose of this research is to describe development of media images to improve language skills through the introduction of letter symbols in Group B in TK Kelut Surabaya and to know the language skill improvement through introduction of letter symbols with the media images on children's Group B TK Kelut Surabaya. This research is a research action class (classroom action research) which includes two cycles. Each cycle is carried out in a sequence that consists of four stages: 1) planning, 2) action, 3) observation and 4) reflection. Research Data collected through observation in the classroom. Based on the analysis of research data and discussion, then obtained the results that the application of the introduction of the symbols of the letter with the media image has increased children's language skills on a cycle I of 63% and cycle II results in a 86% accomplish. The ditunjukkkan children's behavior changed after the given action. Children are happy and enthusiastic in following the activities of learning as well as the more active. So it can be conclude that media images through the introduction of symbols of letter can improve the skills of speaking in the children's Group B in TK Kelut Surabaya Keywords: media images, language skills increasing

Author Biography

sri Suminarningsih
Published
2013-06-01
Section
Articles
Abstract Views: 17
PDF Downloads: 420