MENINGKATKAN KEMAMPUAN KONGNITIF ANAK DALAM MENGENAL KONSEP BILANGAN MENGGUNAKAN MEDIA GELAS DAN KANCING DI KELOMPOK B TK AL-AMIN SIDOARJO

  • Suwati Dwi Octaviana Dwi Octaviana

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan kognitif anak dalam mengenal konsep bilangan pada anak kelompok B TK Al-Amin Sidoarjo menggunakan media gelas dan kancing . Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian tindakan model Hopkins. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah refleksi berdasarkan siklus-siklus. Dari temuan penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemaampuan kognitif dalam mengenal konsep bilangan yang ditunjukkan dalam siklus I pertemuan 1 60% dan pada pertemuan 2 meningkat menjadi 65%. Pada siklus II pertemuan 1 75% dan pada pertemuan 2 meningkat menjadi 85%.

Kata Kunci: anak kelompok B, pengenalan konsep bilangan, media gelas dan kancing.

Abstract

The purpose of this research is to know the improvement of B graup children’s cognitive skill in recognizing the numeric concept at TK Al-Amin Sidoarjo by using glass and button as media. This research uses a classroom action research by using Hopkins research design. The data analysis technique used in this researchis refletion based on the cycles. Based on the findings, it shows that there is an improvement of cognitive skill in recognizing the numeric concept. It is proven from the result in the first meeting of the first cycles 60% which becomes 65% in the is 75% and it becomes 85% in the second meeting.
Keywords: B group children, introduction to numeric concept glass an button.

Published
2013-06-01
Section
Articles
Abstract Views: 18
PDF Downloads: 26