PENERAPAN KEGIATAN TARI KREASI DALAM KEMAMPUAN KINESTETIK ANAK KELOMPOK B TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL KALIJATEN TAMAN SIDOARJO

  • LAILATUL MUNAWAROH

Abstract

Abstrak

Penelitian kualitatif deskriptif ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana penerapan kegiatan tari kreasi dalam kemampuan kinestetik anak kelompok B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kalijaten Taman Sidoarjo, khususnya penerapan tari lilin. Subjek penelitian terdiri dari 10 anak kelompok B, 5 anak kelompok B1 dan 5 anak kelompok B2. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan analisis Miles dan Huberman yang dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data hingga verifikasi data/simpulan. Data penelitian ini menggambarkan bahwa penerapan tari lilin di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kalijaten Taman Sidoarjo hampir memenuhi semua syarat tarian untuk anak usia dini yaitu sederhana, dinamis dan praktis. Masih ada 3 jenis gerakan tangan dan 2 jenis gerakan kaki yang kurang sesuai dengan karakteristik perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan kinestetik anak kelompok B meningkat setelah enam kali pertemuan secara terus-menerus. Terdapat 81,7% anak mampu melakukan 6 jenis gerakan kaki, 82,7% anak mampu melakukan 11 jenis gerakan tangan dan 75% anak mampu melakukan 2 jenis gerakan kepala. Berdasarkan analisis dan pembahasan penelitian maka dapat disimpulkan bahwa tari lilin yang telah diterapkan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kalijaten Taman Sidoarjo hampir memenuhi syarat sebuah tarian anak usia dini dan mampu meningkatkan gerakan lokomotor dan non lokomotor.

 

Kata Kunci: Tari Lilin, Kinestetik.

 

Abstract

This descriptive qualitative research aims to illustrate how the application of dance creations in kinesthetic ability of children group B TK Aisyiyah Bustanul Athfal Kalijaten Taman Sidoarjo, especially the application of candle dance. The subjects consisted of 10 children of group B, 5 children of group B1 and 5 children of group B2. Data collection techniques used observation, interview and documentation techniques. Data analysis uses Miles and Huberman analysis which starts from data collection, data reduction, data presentation until data verification / conclusion. This research data illustrates that the application of candle dance in Aisyiyah Bustanul Athfal Kalijaten Kindergarten Taman Sidoarjo almost meet all the requirements of dance for early childhood that is simple, dynamic and practical. There are still 3 types of hand movements and 2 types of foot movements that are less suited to the characteristics of gross motor development of children aged 5-6 years. The results showed that the kinesthetic ability of group B children increased after six persistent meetings. There are 81.7% of children are able to do 6 types of foot movements, 82.7% of children are able to perform 11 types of hand movements and 75% of children are able to perform 2 types of head movement. Based on the analysis and discussion of the research it can be concluded that candle dance that has been applied in kindergarten Aisyiyah Bustanul Athfal Kalijaten Taman Sidoarjo almost qualify an early childhood dance and able to improve locomotor and non locomotor movement. 

 

Keywords: Candle Dance, Kinesthetic



Published
2018-01-22
Abstract Views: 98
PDF Downloads: 119