IMPLEMENTASI MEDIA BONEKA JARI DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TK KOSGORO SURABAYA

  • SISCA CHRESTIANY

Abstract

Abstrak

Penelitian kualitatif deskriptif  ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan perkembangan kemampuan berbicara anak usia dini kelompok B di TK Kosgoro dengan adanya implementasi media boneka jari. Subyek penelitian ini adalah anak kelompok B dan guru kelas TK Kosgoro. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan analisis Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data/simpulan. Hasil penelitian implementasi media boneka jari dalam mengembangkan kemampuan berbicara anak usia dini kelompok B di TK Kosgoro menunjukkan bahwa anak lebih aktif ketika kegiatan pembelajaran terutama kegiatan berbicara dengan media boneka jari. Guru lebih mudah berinteraksi dengan anak ketika menggunakan media boneka jari sebagai penunjang dalam proses kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian maka dapat disimpulkan bahwa hampir semua anak sudah berkembang kemampuan berbicaranya dan hanya sedikit sekali anak yang masih perlu banyak bimbingan guru dalam berbicara ketika bercerita. 

 

Kata Kunci: Media Boneka Jari, Kemampuan Berbicara.

Abstract

This descriptive qualitative research was conducted with the aim to describe the development of speaking ability of early child group B in TK Kosgoro with the implementation of finger puppet media. The subjects of this study were children of group B and teacher of Kosgoro Kindergarten class. Data collection techniques used in this study are observation, interviews, and documentation. Data analysis using Miles and Huberman analysis is data reduction, data presentation and data verification / conclusion. The results of finger puppet media implementation in developing the ability to speak early childhood group B in TK Kosgoro show more active children while learning the activities of talking with the media puppet finger. Teachers to more easily interact with the children when using the media finger puppets as a support in the process of learning activities. Based on the results and discussion of research it can be concluded that almost  all children have developed the ability to speak and very few children who still need a lot of guidance teachers in talking when telling stories.

 

Keyword :Finger Puppet Media, Speaking Ability.

Published
2018-01-22
Abstract Views: 344
PDF Downloads: 552