PENGARUH KEGIATAN LITERASI TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL KEAKSARAAN ANAK USIA 4-5 TAHUN KELOMPOK A DI TK KUSUMA MULIA KEDIRI

  • AYU WINDA YULINA

Abstract

Abstrak

Penelitian Pre-Experimental Design ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan literasi terhadap kemampuan mengenal keaksaraan anak usia 4-5 tahun kelompok A di TK Kusuma Mulia Kediri. Populasi penelitian ini adalah anak kelompok A di TK Kusuma Mulia Kediri dengan sampel 15 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan SPSS 20 dengan rumus Asymp Sig. 2 tailed < a (0,05). Ha diterima jika Thitung < Ttabel. Dari hasil penelitian ini diperoleh data pretest dengan rata-rata 6, 2 dan hasil postest diperoleh rata-rata 9, 1. Kemudian data diolah dengan rumus uji tanda  Wilcoxon. Diperoleh hasil signifikan Thitung = 0,002 dan Ttabel = 0,05. Pengambilan keputusan yaitu Ha diterima dan H0 ditolak karena sig < 0,05 ( Thitung 0,002 < Ttabel 0,05). Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan literasi berpengaruh terhadap kemampuan mengenal keaksaraan anak usia 4-5 tahun kelompok A di TK Kusuma Mulia Kediri.

 

Kata Kunci: Kegiatan Literasi, Kemampuan Mengenal Keaksaraan

 

Abstract

Research pre-experimental design aims to understand the influence of activities literacy of the ability of  literacy children aged 4- 5 years group A in kindergarten Kusuma Mulia Kediri. Population research this is the group A in kindergarten Kusuma Mulia Kediri with 15 childrens. Technique data collection use observation, interviews and documentation. Technique analysis data using SPSS 20 with the formula Asymp Sig. 2 tailed < a (0,05). Ha received if Tcount  < Ttable . The research is obtained data pretest with an average 6,2 and the results of postest obtained the average 9,1. Then the data mixed with  formula Wilcoxon sign test. The results significant Tcount =  0,002 and  Ttable = 0,05. Decision making namely Ha Received and H0 rejected because sig < 0,05 ( Tcount 0,002 <  Ttable 0,05). Based on the data,  can be concluded that the literacy exert influence over the capacity know literacy children aged 4-5 years group A in kindergarten Kusuma Mulia Kediri.     

 

Keyword : Literacy Activities, Literacy Skills

Published
2018-01-22
Abstract Views: 61
PDF Downloads: 160