MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA DENGAN METODE BERMAIN PERAN KELOMPOK B TK PERTIWI 2 JOMBANG

  • Endjang Surjatin Surjatin

Abstract

Penelitian ini berasal dari masalah kemampuan berbicara anak kelompok B TK Pertiwi 2 Jombang yang masih belum maksimal. Ditemukan beberapa anak sudah mampu berbicara tetapi masih menggunakan kalimat-kalimat yang tidak lengkap -terputus-putus- dan hanya berdasarkan pertanyaan yang diajukan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan berbicara siswa melalui kegiatan bermain peran.Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dirancang dalam bentuk siklus berulang-ulang. Setiap siklus terdiri dari 4 (empat) tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini adalah diskriptif kualitatif dengan menggunakan observasi untuk pengumpulan datanya. Subyek penelitian ini adalah 20 (dua puluh) siswa kelompok B TK Pertiwi 2 Jombang.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan berbicara siswa kelompok B TK Pertiwi 2 Jombang. Setelah menerapkan pembelajaran dengan bermain peran hasil akhir ketuntasan belajar mencapai 84%. Oleh karena itu, diharapkan kegiatan bermain peran dapat diterapkan sebagai salah satu teknik untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa.

Kata kunci: Kemampuan berbicara, Bermain peran

Abstract

This study rises from the problem of the Group B’speaking ability of Pertiwi Kindergarten 2 Jombang which has not been optimal. It was noticed that some students had been able to speak but still used phrases or incomplete sentences; only based on the questions given by the teacher. The objective of the study was to know the improvement of students’ speaking ability through role play. This study used Classroom Action Research (CAR) which was designed in the form of repeated cycles. Each cycle consists of 4 (four) stages: planning, action, observation, and reflection. This study is descriptive qualitative and uses observation to collect the data. The subjects were twenty students of Group B Pertiwi Kindergarten 2 Jombang.The findings showed that there was improvement for the speaking ability of Group B Pertiwi Kindergarten 2 Jombang. After the application of learning using role play, the final result of learning accomplishment was 84%. Therefore, it is expected that the activity of role play can be used as one of techniques to improve the students’ speaking ability.

Key words: Speaking ability, role play.

Published
2013-06-01
Section
Articles
Abstract Views: 10
PDF Downloads: 15