PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP KEMAMPUAN KEAKSARAAN ANAK KELOMPOK B DI TK DHARMA WANITA II UNESA TERATAI 04 TAMBAKSARI SURABAYA

  • Nisfu Nuril Lailiyah

Abstract

Abstrak

Penelitian kuantitatif dengan Pre-Experimental Design ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran snowball throwing terhadap kemampuan keaksaraan anak kelompok B TK Dharma Wanita II Unesa Teratai 04 Tambaksari Surabaya. Populasi penelitian ini adalah anak kelompok B dengan sampel penelitian berjumlah 15 anak kelompok B TK Dharma Wanita II Unesa Teratai 04 Tambaksari Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan Wilcoxon Match Pairs Test dengan rumus Thitung<Ttabel dan menggunakan taraf signifikan 5%. Jika Thitung<Ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Hasil analisis data di peroleh Thitung=0 dan Ttabel untuk N=15 dengan taraf signifikan 5% adalah senilai 25, maka Thitung<Ttabel (0<25). Berdasarkan hasil analisis data tersebut, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran snowball throwing memberikan pengaruh terhadap kemampuan keaksaraan anak kelompok B TK Dharma Wanita II Unesa Teratai 04 Tambaksari Surabaya.

Kata Kunci : Model Pembelajaran, Snowball Throwing, Keaksaraan Anak. 

Abstract

This quantitative research with Pre-Experimental Design aims to determine the effect of snowball throwing learning model on the literacy ability of group B children TK Dharma Wanita II Unesa Teratai 04 Tambaksari Surabaya. The population of this research is group B with research sample amounting to 15 children of group B kindergarten Dharma Wanita II Unesa Teratai 04 Tambaksari Surabaya. Technique of data collecting collecting using observation and dokumentation. Data analysis technique in this research using Wilcoxon Match Pairs Test with Thitung<Ttable and using significant level 5%. If Thitung<Ttabel, then Ho is rejected and Ha accepted. The result of data analysis obtained Thitung = 0 and T table for N = 15 with significant level 5% is equal to 25, then Thitung<Ttable (0<25). Based on the data analysis, Ho is rejected and Ha accepted. So it can be concluded that the learning model of snowball throwing has an effect on the literacy ability of group B children TK Dharma Wanita II Unesa Teratai 04 Tambaksari Surabaya.

Keywords : Learning Model, Snowball Throwing, Child Literacy.

Published
2018-01-30
Abstract Views: 57
PDF Downloads: 55