IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN LITERASI DASAR PADA ANAK KELOMPOK B DI TK NEGERI PEMBINA SURABAYA

  • Mita Amilia Sari

Abstract

Abstrak

Penelitian kualitatif deskriptif ini bertujuan untuk memotret bagaimana pelaksanaan pembelajaran literasi dasar yakni kemampuan menyimak, berbicara, membaca dan menulis anak kelompok B di TK Negeri Pembina Surabaya.Subjek penelitian ini terdiri dari 6 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi/kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data bahwa pelaksanaan pembelajaran literasi dasar di TK Negeri Pembina Surabaya dilakukan melalui tanya jawab hari/tanggal, absensi dan kegiatan selanjutnya yang akan dilakukantentang pembelajaran literasi dasar anak. Dalam pembelajaran literasi dasar guru mengembangkan kemampuan berbahasa yakni kemampuan menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Macam kegiatan literasi dasar di TK Negeri Pembina Surabaya diantaranya sebagai berikut: 1)kegiatan menyimak, anak diperintahkan mencari 5 kata yang berawalan huruf M dan H dalam buku cerita dan memberikan guru tanya jawab tentang cerita yang sudah dibaca oleh guru, 2) kegiatan berbicara yaitu anak diperintahkan untuk menceritakan kembali isi cerita yang telah dibaca dan mengungkapkan pendapat kepada orang lain, 3) kegiatan membaca yaitu anak diperintahkan untuk menyebutkan huruf abjad A-Z dan anak diperintahkan untuk membaca buku cerita bergambar, 4) kegiatan menulis yaitu anak diperintahkan untuk menulis namanya sendiri dan anak diperintahkan membuat tulisan dengan mencontoh buku cerita. Berdasarkan hasil dan pembahasan penelitian maka dapat disimpulkan bahwa impelementasi pembelajaran literasi dasar pada anak kelompok B di TK Negeri Pembina Surabaya dilaksanakan melalui guru memberikan pijakan sebelum kegiatan literasi dasar dan kegiatan literasi dasar meliputi 4 kegiatan (menyimak, berbicara, membaca dan menulis).



Kata Kunci: Implementasi Pembelajaran, Literasi Dasar

Abstract

This descriptive qualitative research aims to capture how the implementation of basic literacy learning is the ability to listen, speak, read and write a group B in TK Negeri Pembina Surabaya. The subject of this research consists of 6 children. Data collection techniques use observation, interview and documentation. Data analysis techniques using miles and Huberman model that is data reduction, data presentation and verification / conclusion. Based on the research results obtained data that the implementation of basic literacy learning in TK Negeri Pembina Surabaya conducted through question and answer day / date, absenteeism and subsequent activities will be done about basic literacy learning of children. In basic literacy learning, teachers develop the ability of the language that is the ability to listen, speak, read and write. Various basic literacy activities in TK Negeri Pembina Surabaya are as follows: 1) listening activity, the child is instructed to search for 5 words beginning with the letter M and H in the story book and giving the teacher a question and answer about the story read by the teacher, 2) the child is instructed to retell the contents of the story that has been read and express opinions to others, 3) the reading activity of the child is instructed to mention the letter of the AZ alphabet and the child is instructed to read picture book, 4) the writing activity that the child is ordered to write his own name and children are instructed to write by copying the story book. Based on the results and discussion of the research, it can be concluded that the impelemtation of basic literacy learning in children group B in TK Negeri Pembina Surabaya is implemented through the teacher giving a step before basic literacy activity and basic literacy activities include 4 activities (listening, speaking, reading and writing). 

 
Keywords: Implementation of Learning, Basic Literacy 

Published
2018-01-30
Abstract Views: 74
PDF Downloads: 376