PENGARUH PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN ANAK KELOMPOK B DI TK ISLAM UNGGULAN AL MASLACHAH PANJUNAN SIDOARJO

  • EMY LAILA ROCHMAH

Abstract

Abstrak

Penelitian Pre Eksperimental Design ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran outdoor learning terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan anak kelompok B di TK Islam Unggulan Al Maslachah Panjunan Sidoarjo. Populasi penelitian adalah anak kelompok B usia 5-6 tahun di TK TK Islam Unggulan Al Maslachah Panjunan Sidoarjo berjumlah 16 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan Wilcoxon Matched Pairs Test dengan rumus Thitung <Ttabel . JikaThitung < Ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil penelitian ini diperoleh data pretest dengan rata-rata 6,5 dan hasil postest diperoleh rata-rata 9,8. Kemudian data diolah dengan rumus uji Wilcoxon. Diperoleh hasil Thitung = 0 dan Ttabel untuk N=16 dengan taraf signifikan 5% sebesar 30, maka Thitung < Ttabel (0<30). Data tersebut menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran outdoor learning berpengaruh terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan anak kelompok B di TK Islam Unggulan Al Maslachah Panjunan Sidoarjo.

 

Kata Kunci: Pembelajaran outdoor learning, kemampuan mengenal lambang bilangan

Abstract

Research Pre Experimental Design aims to determine the effect of learning ability to recognize the symbol of the number of children of grup B in the kindergarten of Islam Unggulan Al Maslachah Panjunan Sidoarjo. The population of the study were children of group B aged 5-6 years in kindergarten Islam Unggulan Al Maslachah Panjunan Sidoarjo totaling 16 children. Data collection techniques use observation and documentation. The data analysis technique used Wilcoxon Matched Pairs Test with Thitung < Ttabel. If Thitung < Ttabel, then Ho is rejected and Ha accepted. From the results of this study obtained pretest data with an average of 6,5 and posttest results obtained an average of 9,8. Then the data is processed by the Wilcoxon test formulation. The results obtained Thitung=0 and Ttabel for N=16 with 5% significant level of 30, then Thitung < Ttabel (0 <30). Then data shows Ho rejected and Ha accepted. Based on the data, it can be concluded that the application of learning of outdoor learning has an effect on the ability to recognize the symbol of the number of children of group B in the kindergarten of Islam Unggulan Al Maslachah Panjunan Sidoarjo.

 

Keywords: learning of outdoor learning, ability to recognize the symbol of the number

Published
2018-01-31
Abstract Views: 36
PDF Downloads: 24