PENGARUH PERMAINAN ULAR TANGGA MODIFIKASI TERHADAP KEMAMPUAN MENGHITUNG ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK DWP NGEPUNG GRESIK

  • Ardyanita Wanti

Abstract

Abstrak

Tujuan dari penelitian pre-eksperimental design ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan ular tangga modifikasi terhadap kemampuan menghitung 1–10 pada anak Kelompok A di TK Dharma Wanita Persatuan Ngepung. Subyek penelitian adalah anak usia 4-5 tahun yang berjumlah 21 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji jenjang bertanda Wilcoxon dengan rumus Thitung < Ttabel. Dari hasil penelitian ini diperoleh data pretest dengan rata-rata 3,8 dan hasil posttest diperoleh nilai rata-rata 7,8. Kemudian data diolah menggunakan rumus uji Wilcoxon. Diperoleh hasil Thitung=0 dan Ttabel untuk N=21 anak dengan taraf signifikan 5% adalah 0,59, maka Thitung < Ttabel (0<0,59). Data tersebut menunjukkan Ho ditolak Ha diterima. Jadi dapat dapat disimpulkan bahwa permainan ular tangga modifikasi berpengaruh signifikan terhadap kemampuan menghitung pada anak kelompok A di TK Dharma Wanita Persatuan Ngepung.

Kata Kunci : Ular Tangga Modifikasi, Kemampuan Menghitung.

Abstract

The purpose of this pre-experimental design research is determine the effect of ladder snake game modification on the count ability 1-10 the children of Group A in Dharma Wanita Persatuan Ngepung Kindergarten which amounted 21 children. Data collection techniques use observation and documentation. While the data analysis technique using marked Wilcoxon level test with Thitung < Ttabel formula. The result of the research from the critical price table for the Wilcoxon leveled test that the Ttable value with 21 subjects with significance level of 5% is 0,59. If Thitung < Ttabel means Ho refused Ha accepted. Based on the results of the research can be concluded that snake and ladder modification game significantly influence of counting ability of the children in group A in Dharma Wanita Persatuan Ngepung Kindergarten.

Keywords: Snake and Ladder Modification, Counting Ability.

Published
2018-02-01
Abstract Views: 91
PDF Downloads: 121