KORELASI POLA PENGASUHAN ORANG TUA DENGAN KEMAMPUAN BICARA ANAK KELOMPOK B TK DHARMA WANITA BERINGIN MOJOKERTO

  • Elisa Rosana Dewi Mulya Wangti

Abstract

Anak dengan pola asuh yang berbeda- beda mempunyai kemampuan bicara yang berbeda- beda pula. Anak dikatakan mempunyai kemampuan bicara yang baik jika ia dapat memberikan informasi dan menjawab serta mengulangi perkataan yang diberikan oleh gurunya. Berdasarkan observasi kemampuan bicara anak kelompok B TK Dharma Wanita Beringin Mojokerto kemampuan bicara anak didalam kelas bermacam-macam ada yang bisa berbicara dan menyampaikan pendapat dengan baik dan ada juga yang berbicara sesukanya serta ada juga yang hanya diam tanpa mau mengungkapkan apa yang ada didalam fikirannya, dari semua itu yang melatar belakangi peneliti mengadakan penelitian di TK Dharma Wanita Beringin Mojokerto. Manfaat dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana dan apa saja pola asuh yang diterapkan orang tua kepada anaknya.
Penelitian ini mengambil rumusan masalah adakah hubungan antara pola asuh orang tua dengan kemampuan bicara anak kelompok B TK Dharma Wanita Beringin Mojokerto. Tujuannya untuk membuktikan apakah ada hubungan antara pola pengasuhan orang tua dengan kemampuan bicara anak. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini dirancang menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian korelasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan metode observasi. Teknik sampling yang digunakan adalah non random sampling dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel dalam penelitian ini adalah 19 anak dari seluruh kelompok B. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis statistik nonparametrik dengan Korelasi spearman Rank (Korelasi Spearman Brown).
Berdasarkan penelitian hasil angket pola asuh orang tua anak adalah 0,718. Bagitu juga dengan hasil analisis dengan menggunakan rumus korelasi spearman rank diperoleh nilai 0,864 atau yang disbeut dengan (rshitung) dicocokkan dengan (rstabel) dengan subyek N= 19 dengan taraf signifikan 5% dengan batas penolakan sesuai dengan tabel r spearman rank sebesar 0,456. Dengan demikian rshitung lebih besar dari rstabel (rshitung > rstabel) sehingga H0 ditolak dan Ha diterima yang artinya terdapat hubungan antara pola asuh orang tua dengan kemampuan bicara anak Kelompok B TK Dharma Wanita Beringin Mojokerto

Kata kunci : Pola Asuh Orang Tua, Kemampuan Bicara

Abstract

Children who have different parenting will have different speaking skill.Children can be said that they have god speaking skill if they can deliver information,answer a question,and repeat the given word by the teacher.Based on the observation of B group children’s speaking skill at Dharma Wanita Beringin Kindergarten Mojokerto,children’s speaking skills inthe class are various.Some of the students can speak and deliver the argument well,some only speaks without no rules,and some just keep silent without stating what in their mind is.Those fact become the background of this research which is conducted in the Dharma Wanita Beringin Kindergarten Mojokerto.The advantage of this research is getting information what kinds of parenting done by the parents to their children how they do it.
The research problem in this research is whether there is a relation between parenting and B group children’s speaking skill at Dharma Wanita Beringin Kindergarten Mojokerto.The pupose is to prove whether there is a relation between parenting and B group children’s speaking skill at Dharma Wanita Beringin Kindergarten Mojokerto.This research is designed by using quantitative research and correlation reseach design.Observation methods used are questionnaire and obsevation.this research
uses non random sampling by using saturated sampling techniques.There are 19 from B group who become the sample of this research.Statistics non parametric analysis and Spearman Rank Correlation are sued to analyze the data.
Based on the questionnaire’s resul,the parenting is 0,718.The analysis result by using Spearman Rank Correlation is 0.864.It is called as rscount,which is matched with rstable with N as subject N=19 and the significant level is 5%. The refusal limit in Spearman Rank Correlation is 0.456. Based on the data,rscount is bigger than rstable (rscount > rstable),therefore Ho is rejected and Ha is accepted.It means that there is a corerrelation between parenting and B group children’s speaking skill at Dharma Wanita Beringin Kindergarten Mojokerto.

Keywords :Parenting, children’s speaking skill.

Published
2013-06-01
Section
Articles
Abstract Views: 40
PDF Downloads: 38