PENGARUH METODE CANTOL ROUDHOH TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TK CENDEKIA MULIA SURABAYA

  • Rizky Budi Utami

Abstract

Kemampuan membaca anak usia dini memiliki peranan penting yaitu untuk berkomunikasi dan mendapatkan ilmu pengetahuan. Salah satu hal yang menyebabkan kemampuan membaca anak usia dini dalam hal membaca huruf vokal dan konsonan, membaca huruf yang dirangkai menjadi suku kata, membaca suku kata yang dirangkai menjadi kata, dan membaca kata yang dirangkai menjadi kalimat kurang dan perlu dikembangkan lagi adalah pembelajaran guru di sekolah yang masih menggunakan metode konvensional sehingga anak tidak tertarik untuk belajar membaca. Untuk menarik minat belajar membaca pada anak usia dini, diperlukan metode pembelajaran yang menyenangkan. Salah satu metode membaca tersebut yaitu metode cantol roudhoh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode cantol roudhoh terhadap kemampuan membaca anak usia dini kelompok B di TK Cendekia Mulia Surabaya. Selain itu penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre eksperimen dengan jenis penelitian pre-experimental design, dengan desain pre eksperimen one-group pretest-posttest design. Subyek penelitian ini adalah anak usia dini kelompok B di TK Cendekia Mulia Surabaya berjumlah 10 anak yang kemampuan membacanya kurang dan perlu dikembangkan. Teknik pengumpulan data dengan observasi dan dokumentasi, untuk analisis data menggunakan uji wilcoxon. Hasil penelitian dengan uji wilcoxon menunjukkan nilai Thitung<Ttabel yaitu 0<8 maka dapat disimpulkan ada pengaruh metode cantol roudhoh terhadap kemampuan membaca anak usia dini kelompok B di TK Cendekia Mulia Surabaya sehingga metode ini dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan membaca pada anak usia dini.

Kata kunci : cantol roudhoh, membaca, anak usia dini

Abstract

Young learner’s reading skill has an important role in the communication process and in the achievement of the knowledge. Something which influence young learner’s reading skill is the teacher still uses conventional method in teaching their students to read the vocal and consonant, arrange the letters to be one syllable, read syllable to be sentence, and read words to be the incomplete sentence and must be developed. Therefore, the children are not interested to learn the reading skill. To attract the young learner’s interest in reading, a interesting learning methid is needed. On of that methods in cantol roudhoh method. This research aims to examine the effect of cantol roudhoh method for the young learner’s reading skill at B group of Cendekia Mulia kindergarten Surabaya. Besides that, this research is pre-experiment research. The design of this research in one group pre test and post test design. The subject of this research are 10 young learner of B group at Cendekia Mulia kindergarten Surabaya who still lack of reading skill and their reading skill must be developed. The data collecting techniques used are observation and documentation. The researcher uses wilcoxon test to analyze the data. Based on the wilcoxon test, it shows that Tcount < Ttable, 0<8, learner’s reading skill at B group Cendekia Mulia kindergarten Surabaya. it can be concluded that this method can be used to develop young learner’s reading skill.

Keywords : cantol roudhoh, reading, young learners

Published
2013-06-01
Section
Articles
Abstract Views: 176
PDF Downloads: 279