PENGARUH METODE BERCERITA BERMEDIA FLIP CHART TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TK DHARMA WANITA PERSATUAN PUCUNG BALONGPANGGANG GRESIK

  • Choirul Ummah

Abstract

Penelitian tentang pengaruh metode bercerita bermedia flip chart terhadap kemampuan berbicara anak usia dini kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan Pucung Balongpanggang Gresik dilatarbelakangi oleh anak usia dini belajar bahasa melalui kesempatan berbicara. Kemampuan berbicara anak usia dini pada dasarnya sudah dapat berkembang dengan baik terutama dalam hal bercerita kepada teman, berani bertanya secara sederhana, bersedia mengungkapkan pendapat dan mampu menjawab pertanyaan sederhana apalagi dengan ditunjang metode pembelajaran yang tepat. Salah satu metode untuk mengembangkan kemampuan berbicara adalah metode bercerita. Metode bercerita merupakan metode yang mengasikkan bagi anak, dapat mengembangkan potensi kemampuan berbicara anak melalui pendengaran dan kemudian menuturkannya kembali dalam bentuk lisan. Metode bercerita lebih menarik dengan adanya media. Salah satu media yang digunakan adalah flip chart. Penggunaan flip chart memudahkan pendidik dalam menyampaikan materi pada anak usia dini, desainnya praktis dan dapat disesuaikan dengan karakteristik anak usia dini sehingga dengan metode bercerita bermedia flip chart pendengaran anak dapat difungsikan dengan baik, anak dapat bertanya dan menjawab tentang isi cerita dan anak dapat mengungkapkan dan mengekspresikan kembali isi cerita sehingga kemampuan berbicara berkembang.Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh metode bercerita bermedia flip chart terhadap kemampuan berbicara anak kelompok B di TK Dharma Wanita Persatuan Pucung Balongpanggang Gresik. Jenis penelitian ini adalah pre eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan menggunakan one group pretest postest design. Teknik analisis data penelitian ini dengan uji wilcoxon.Hasil perhitungan analisis data menunjukkan ada perbedaan pre tes dan pos tes yang semula 158 menjadi 252. Perhitungan uji wilcoxon didapat t hitung < t tabel yaitu 0<35 sehingga dinyatakan bahwa ha diterima yaitu ada pengaruh metode bercerita bermedia flip chart terhadap kemampuan berbicara anak usia dini kelompok B Di TK Dharma Wanita Persatuan Pucung Balongpanggang Gresik.

Kata kunci: metode bercerita bermedia flip chart, kemampuan berbicara anak usia dini

Published
2013-06-01
Section
Articles
Abstract Views: 7
PDF Downloads: 12