PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TANDUR TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR ANAK KELOMPOK B DI TK PUTRA HARAPAN BOJONEGORO

  • Meilia Ambarnianti

Abstract

Taman Kanak-Kanak adalah tempat anak dapat belajar sambil bermain, mengembangkan kreativitas, serta menambah pengetahuan yang diperlukan dan diketahui khususnya bagi anak usia prasekolah atau anak Taman Kanak-Kanak melalui stimulasi yang diberikan. Semua proses pembelajaran dilakukan dalam suasana belajar yang menyenangkan dan kondusif agar membuat anak senang dan nyaman untuk belajar serta mampu konsentrasi selama pembelajaran berlangsung. Berdasarkan studi awal yang dilakukan di TK Putra Harapan Bojonegoro semester 1 tahun ajaran 2012-2013, konsentrasi belajar anak di TK Putra Harapan Bojonegoro belum maksimal. Hal itu dikarenakan anak mudah terganggu dengan teman sebangku yang ramai sendiri, dan ada beberapa anak yang masih ditunggu oleh ibunya di dalam kelas saat belajar dikelas. Konsentrasi belajar anak yang belum maksimal di TK Putra Harapan Bojonegoro menjadi latar belakang penelitian untuk mengetahui hasil penerapan metode pembelajaran TANDUR terhadap konsentrasi belajar anak kelompok B Di TK Putra Harapan Bojonegoro.Penelitian ini menggunakan desain penelitian Pre-Eksperimental dengan jenis One-Group Pretest-Posttest Design dengan melakukan observasi sebelum perlakuan dan sesudah perlakuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi dan dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan adalah non random sampling, dengan menggunakan teknik sampling jenuh. Sampel dalam penelitian ini adalah semua anak kelompok B TK Putra Harapan Bojonegoro. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis statistik nonparametrik dengan Uji Jenjang Bertanda Wilcoxon.Berdasarkan hasil penelitian rata-rata konsentrasi belajar anak sebelum perlakuan dengan metode pembelajaran TANDUR dalam kegiatan pembelajaran adalah 16,87 dan rata-ratanya meningkat menjadi 20,13 setelah penerapan perlakuan dengan metode pembelajaran TANDUR dalam kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil perhitungan Uji Jenjang Bertanda Wilcoxon diperoleh nilai Thitung < Ttabel yaitu 0 < 16. Dengan demikian hipotesis penelitian “metode pembelajaran TANDUR memiliki pengaruh terhadap konsentrasi belajar anak kelompok B di TK Putra Harapan Bojonegoro” telah terbukti benar.

Kata kunci : metode pembelajaran TANDUR, konsentrasi belajar, anak kelompok B

Abstract

Kindergarten is a place for the children to study and to play, to develop their creativity, and to get knowledge which are needed. It is especially for the preschool children or kindergarten children through stimuli. All of the learning processes are conducted in the joyfull and conducive situation to make the children be happy and be comfort when they are learning. Besides that, it can make the children pay more concentration. Based on the previous study which is conducted in the Putra Harapan Kindergarten Bojonegoro in the first semester of academic year 2012-2013, children’s concentration at Putra Harapan Kindergarten Bojonegoro has not been well enough. It is because the children are easily disturbed with the tablemate who is very crowded and some children who are still waited for by their mother’s outside of the class. The background of this research is the low concentration of the children at Putra Harapan Kindergarten Bojonegoro. This research is conducted to know the result of using TANDUR learning method for the children’s learning concentration at B group Putra Harapan Kindergarten Bojonegoro.The design of this research is Pre-Experimental research by using One Group Pretest-Posttest design. Before and after conducting treatment, there is an observation which is conducted. The data collecting methods are observation and dokumentation. Sampling method used in this research is non random sampling in the form of jenuh sampling technique. The objects of this research are all of the B group children Putra Harapan Kindergarten Bojonegoro. The analysis technique used in this research is non parametric statistical analysis by using Wilcoxon Sign Level Test.Based on the research, children’s concentration before getting the treatmen by using TANDUR learning method in the learning process is 16,87 and the average becomes 20,13 after getting the treatment. Based on the Wilcoxon Sign Level Test, Tcount < Ttable that is 0 < 16. Therefore, the hipothesis of the research “TANDUR learning method influence children’s learning concentration at B group of Putra Harapan Kindergarten Bojonegoro” has been proven.Keywords : TANDUR learning method, learning concentration, B group children

Published
2013-06-01
Section
Articles
Abstract Views: 78
PDF Downloads: 116