PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA BUKU BESAR (BIG BOOK) TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN ANAK KELOMPOK B DI TK QOSHRUL UBUDIYAH SURABAYA

  • Tika Nur Fitriani

Abstract

Keterampilan baca-tulis merupakan modal utama bagi seorang pebelajar. Dengan bekal kemampuan baca-tulis, seorang pebelajar dapat mempelajari ilmu lain dan dapat mengekspresikan dirinya. Oleh karena itu, kegagalan dalam penguasaan keterampilan ini akan mengakibatkan masalah yang fatal, baik untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi, maupun menjalani kehidupan sosial. Namun modal utama yang paling penting ini, masih belum merata dimiliki para pebelajar. Menurut survey di beberapa sekolah dasar di Jakarta, terdapat kecenderungan sekolah dasar membeda-bedakan murid yang telah dan belum pandai membaca dan menulis. Padahal anak TK hanya mendapatkan materi pelajaran yang sifatnya persiapan dan harus dilaksanakan dalam keadaan menyenangkan. Kegiatan membacakan cerita diyakini dapat mengembangkan kemampuan berbahasa, dan mengajarkan baca-tulis. Hal ini biasa dilakukan dengan dengan menggunakan pendekatan pembelajaran menggunakan big book. Big book merupakan buku cerita yang berkarakteristik khusus yang dibesarkan, baik teks maupun gambarnya, sehingga memungkinkan terjadinya kegiatan membaca bersama antara guru dan murid. Data yang diperoleh di TK Qoshrul Ubudiyah Surabaya, beberapa anak pada kelompok B mengalami permasalahan dalam kemampuan membaca permulaan.
Hal inilah yang menjadi latar belakang peneliti untuk mengetahui pengaruh penggunaan big book terhadap kemampuan membaca permulaan anak di TK Qoshrul Ubudiyah Surabaya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre-eksperimental design dengan pre-test dan post-test group design dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi untuk mengetahui kemampuan membaca permulaan anak. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelompok B TK Qoshrul Ubudiyah Surabaya. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik non-parametrik dengan menggunakan uji wilcoxon.
Dari hasil perhitungan diperoleh Thitung < Ttabel. Jadi Ha diterima maka dinyatakan ada pengaruh penggunaan media big book terhadap kemampuan membaca anak kelompok B di TK Qoshrul Ubudiyah Surabaya.

Kata kunci : kemampuan membaca permulaan, media buku besar (big book)

Abstract

Reading and writing skills are the main modal for the learners. Through reading and writing skills, the learners can learn knowledge and can express themselves. Based on that reason, the failure of mastering these skills will cause the serious problem, either to continue the higher education or follow the social live. Unfortunately, these important modals have not been mastered by the learners. Based on the survey at some primary schools in Jakarta, there is a ten at the primary school to differ the students who have mastered the reading and writing skill and those who have not. On the other hand, the children at kindergarten must get the learning materials to prepare themselves face the higher education and must be done in the fun situation. Telling story is considered to develop the language skill and teach the children how to read and to write. It can be done through many kinds of learning approach by using big book. Big book is a story book which has special big characteristic, either text or picture. Therefore, it enables the teacher to have the reading activities with the students. The data collected at Qoshrul Ubudiyah kindergarten Surabaya is many children of B group get problem in their reading skill.
This is the background of this research. This research aims to know the effect of using big book for the children’s reading skill for beginner at Qoshrul Ubudiyah kindergarten Surabaya. This research is a kind of pre-experimental design by using pre-test and post-test group design. This is a quantitative research. The data collecting method used is observation to know the children’s reading skill for beginner. The subjects of this research are all of the B group children at Qoshrul Ubudiyah kindergarten Surabaya. The data analysis technique is statistic non-parametric analysis by using wilcoxon test.
The result is Tcount < Ttable. Ha is accepted, therefore there is an effect of using big book for the B group children’s reading skill for beginners at Qoshrul Ubudiyah kindergarten Surabaya.

Keywords: reading skill for beginner, big book

Published
2013-06-01
Section
Articles
Abstract Views: 172
PDF Downloads: 351