Peningkatan Kemampuan Mengenal Kata Bahasa Inggris Melalui Penggunaan Media Papan Flanel Pada Anak TK A Tunas Mandiri Sumobito Jombang

  • RIRIN CAHAYA
  • NURUL KHOTIMAH

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan mengenal kata Bahasa Inggris melalui penggunaan media papan flanel. Subjek penelitian adalah anak TK A di TK Tunas Mandiri Sumobito Jombang dengan jumlah 12 anak terdiri dari 7 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif yaitu berdasarkan analisis refleksi pada siklus. Data yang diperoleh dari penelitian ini aktivitas guru menunjukkan prosentase 69% pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 90%. Aktivitas anak pada siklus I sebesar 66% meningkat menjadi 87% pada siklus II. Kemampuan anak mengenal kata Bahasa Inggris pada siklus I sebesar 42% dan pada siklus II meningkat menjadi 90%. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan anak mengenal kata Bahasa Inggris sebesar 48% dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan anak mengenal kata Bahasa Inggris melalui penggunaan media papan flanel pada anak TK A Tunas Mandiri Sumobito Jombang.Kata Kunci : bahasa, media papan flanel
Published
2018-07-10
Section
Articles
Abstract Views: 49
PDF Downloads: 137