Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia 4-5 Tahun di TK Dharmawanita Sumberjati Jatirejo Mojokerto

  • SUSANTI
  • ZAINI SUDARTO

Abstract

Penelitian Pre Eksperimental Design ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan anak usia 4-5 tahun di TK Dharma Wanita Sumberjati Jatirejo Mojokerto. Subjek penelitian adalah anak kelompok A usia 4-5 tahun di TK Dharma Wanita Sumberjati Jatirejo Mojokerto yang berjumlah 13 anak. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan Wilcoxon Matched Pairs Test dengan rumus Thitung <Ttabel. JikaThitung lebih kecil dari Ttabel, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh Thitung = 0 dan Ttabel untuk N = 13 dengan taraf signifikan 5% sebesar 17, maka Thitung < Ttabel (0<17). Data tersebut menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif berpengaruh terhadap kemampuan mengenal konsep bilangan anak usia 4-5 tahun di TK Dharma Wanita Sumberjati Jatirejo Mojokerto

Kata Kunci: model pembelajaran kooperatif, konsep bilangan
Published
2018-07-16
Section
Articles
Abstract Views: 70
PDF Downloads: 57