PENGARUH PENERAPAN METODE BERCERITA MELALUI MEDIA BONEKA TANGAN TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA ANAK PADA KELOMPOK TK A DI BABY SMILE SCHOOL SIDOSERMO – SURABAYA

  • Elvis Arya Mukti

Abstract

Perkembangan bahasa anak meliputi perkembangan mendengar, menyimak, berbicara, membaca, dan menulis.Kemampuan bahasa yang digunakan anak usia TK A (4-5 tahun) secara umum adalah kemampuan berbicara sebagaiupaya untuk berkomunikasi dengan lingkungannya. Salah satu cara untuk mengoptimalkan kemampuan berbicara anakyaitu dengan menerapkan metode bercerita dalam pembelajaran, namun agar anak dapat berkonsentrasi dengan baik,maka penggunaan alat peraga/media sangat penting. Alat tersebut adalah media boneka tangan sebagai penguatan ceritayang telah disampaikan.Tujuan dari penelitian ini yaitu mendiskripsikan pengaruh metode bercerita melalui media boneka tanganterhadap kemampuan berbicara anak pada kelompok TK A di Baby Smile School Sidosermo Surabaya. Penelitian inimerupakan penelitian kuantitatif dan menggunakan pendekatan eksperimen pura-pura dengan rancangan pre test – posttest design. Subyek dalam penbelitian ini adalah siswa-siswi kelompok TK A di Baby Smile School Sidosermo-Surabaya yang berjumlah 12 anak. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasisistematis dan metode dokumentasi. Instrumen penelitian ini menggunakan skala penilaian dan dalam menguji validitasinstrumen menggunakan validitas ahli serta rumus H.J.X Fernandes dalam mengetes reliabilitas pengamatan.Melalui uji statistik non parametrik dengan menggunakan rumus Wilcoxon Sign Test, maka dari hasilpenelitian dapat diperoleh Z hitung -3,071 dengan p-value (probabilitas) sebesar 0,002 yang berarti kurang dari 5%.Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penerapan metode bercerita melalui media bonekatangan terhadap kemampuan berbicara anak pada kelompok TK A di Baby Smile School Sidosermo-Surabaya

Kata kunci: metode bercerita, media boneka tangan, kemampuan berbicara.

Abstract

The language children development consists of listening, speaking, reading, and wriring developments.language ability generally being used by kindergarten (4-5 years old) was speaking ability as effort to communicatewith their environment. The way to optimize children speaking ability is utilizing telling story method in learning,nevertheless children are able to concentrate well, so the used media was very important. This media was hand puppetswhich was used to strengthen the story which had been told.The porpose of this research was to describe influence of the implementation of story telling method throughhand puppets media toward children’s speaking ability at group A kindergarten of Baby Smile School Sidosermo-Surabaya. This research was quantitatif research and utilized quast experiment approachment with pre test - post testdesign. The subject of this research was 12 students of group A kindergarten of Baby Smile School Sidosermo-Surabaya. Data collection technique was done by utilizing sistematic observation and documentation method. Thisresearch instrument was used rating scale and testing instrument validity utilized expert validity also H.J.X Fernandesformula in testing reliability sight.Through statistic test non parametric by utilizing Wilcoxon Sign Test formula, so that it was gained Zcount -3,071 with probability value 0,002 meant less 5%. It could be concluded that there was significant influence from theimplementation of story telling method through hand puppets media toward children’s speaking ability at group Akindergarten of Baby Smile School Sidosermo-Surabaya.Key word: Story telling method, hand puppets media, speaking ability.

Published
2013-06-01
Section
Articles
Abstract Views: 41
PDF Downloads: 143