PERBEDAAN KEMAMPUAN BERSOSIALISASI PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN ANTARA YANG PERNAH MENGIKUTI KELOMPOK BERMAIN DAN YANG TIDAK PERNAH MENGIKUTI KELOMPOK BERMAIN

  • Puput Rahayu Sri Wilujeng

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan bersosialisasi pada anak usia 4-5 tahun antara yang pernah mengikuti kelompok bermain dan yang tidak pernah mengikuti kelompok bermain. Jenis penelitin ini adalah komparatif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun yang mendapatkan pendidikan di TK Dharma Wanita Ngimbang dan TK Dharma Wanita Sendangrejo kecamatan Ngimbang Kabupaten Lamongan dengan sampel sebanyak 42 anak, terdiri dari 21 anak yang pernah mengikuti kelompok bermain dan 21 anak yang tidak pernah mengikuti kelompok bermain. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampel jenuh. Instrumen pengumpulan data berupa observasi skala likert. Analisis statistik untuk mengetahui perbedaan kemampuan bersosialisasi menggunakan uji statistik independen sampel T-test dengan tingkat signifikan p < α (0,05) dengan bantuan program computer SPSS version 17. Berdasarkan analisis data yang dilakukan diperoleh nilai mean kemampuan bersosialisasi pada anak yang pernah mengikuti kelompok bermain lebih besar dari mean kemampuan bersosialisasi pada anak-anak yang tidak pernah mengikuti kelompok bermain (73,10> 48,24). Nilai T-hitung 9,812 dengan tingkat signifikan sebesar 0,000. Hasil analisis independent sample T-test menunjukkan didapatkan tingkat signifikan dengan nilai p (0,000) < α (0,05) yang berarti ada perbedaan kemampuan bersosialisasi anak usia 4-5 tahun yang pernah mengikuti kelompok bermain dan yang tidak pernah mengikuti kelompok bermain.

Kata kunci : kemampuan bersosialisasi anak, anak yang pernah mengikuti Kelompok Bermain dan yang tidak pernah mengikuti Kelompok Bermain.

Abstract

This research aims to know the differences of social ability for 4-5 years old children who joined playgroup and who did not. This research is a comparative quantitative research. The population consists of 4-5 years old who are learning at Dharma Wanita Ngimbang kindergarten and Dharma Wanita Sendangrejo kindergarten Kecamatan Ngimbang Kabupaten Lamongan. Among 42 children who become the sampel, there are 21 children who joined playgroup and 21 children who did not. Sampling techniques using simple jenuh. The instrument to collect the data is observation by using Likert scale method which has been tested for the validity and reliability. Statistic analysis is used to know the differences of social ability which is completed by independen samples T-test with a significant level of p < α (0,05), it is got by using SPSS computer program version 17. Based on the data analysis, the mean sociali ability for the children who joined playgroup is bigger than the mean of thos who dod not (73.10 > 48.24 ). T score of T-count is 9.812 and the significant level is 0.000. The results of independent sample T-test show that significant levels of p (0.000) < α (0.05). Therefore, is means that there is a differences of social ability for 4-5 years old who joined playgroup and who did not.

Keywords: children’s social ability, children who joined playgroup and those who did not.

Published
2013-06-01
Section
Articles
Abstract Views: 13
PDF Downloads: 21