PENGARUH PENERAPAN TEKNIK JARIMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN KONSEP BILANGAN KELOMPOK A DI TK TRI GUNA BHAKTI II SURABAYA

  • YUNI WIDI ASTUTI

Abstract

Teknik jarimatika adalah cara berhitung mudah dan menyenangkan dengan menggunakan jari-jari tangan. Dalam penelitian ini teknik jarimatika digunakan untuk mengenalkan konsep bilangan. Berdasarkan hasil observasi awal, menumbuhkan minat seorang anak untuk belajar tentang konsep bilangan ternyata tidak mudah. Kebanyakan anak merasa bosan, malas dan takut dengan pengajaran konsep bilangan. Teknik sempoa yang biasa digunakan tidak bisa membuat anak tertarik untuk belajar konsep bilangan. Anak malah meletakkan alat sempoa dan menggunakan jari-jari mereka untuk menyelesaikan soal hitungannya. Oleh karena itu dalam hal ini peneliti ingin menerapkan teknik jarimatika pada anak dalam proses pembelajarannya tentang kemampuan konsep bilangan.Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh kemampuan konsep bilangan pada kelompok A di TK Tri Guna Bhakti II Surabaya, sebelum dan sesudah dilakukan intervensi dengan menggunakan teknik jarimatika.Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Sedangkan rancangan yang digunakan control group pre test and pos test design yaitu terdiri dari 2 kelompok yakni TK Tri Guna Bhakti I sebagai kelompok kontrol dan TK Tri Guna Bhakti II sebagai kelompok eksperimen. Kelompok eksperimen diberi perlakuan berupa pembelajaran teknik jarimatika untuk meningkatkan kemampuan konsep bilangan dan kelompok kontrol tidak diberi pembelajaran teknik jarimatika.Dari hasil analisis kegiatan pre test dan post test dengan rumus Uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 26,680, ternyata jatuh pada daerah penolakan H0. Dan karena thitung= 26,680>ttabel = 2,145, maka H0 ditolak dan H1 diterima. Artinya ada pengaruh kemampuan konsep bilangan setelah diberikan penerapan teknik jarimatika di TK Tri Guna Bhakti II Surabaya.

Kata kunci : Teknik Jarimatika, Kemampuan Konsep Bilangan

ABSTRACT

The jarimatika technique is an easy and fun counting method by using finger. In this research, the jarimatika technique is used to introduce the numeral concept. Based on the result of the first observation, to gain the interest of children to learn about numeral concept is not easy. Most of them feel bored, lazy, and afraid of learning numeral concept. Sempoa technique as usual used by them can not gain the interest of children. The children put their sempoa tool and use their finger to finish their counting task, because of that, the researcher wants to apply jarimatika technique for kindergarten in learning process about the numeral concept ability.The purpose of this research was to find the affect numeral concept ability for children in kindergarten Tri Guna Bhakti Surabaya, before and after doing the intervention by using jarimatika technique.In this research used quantitative vicinity by quasi experiment type. Whereas the program was used control group pre test and post test design which was divided by 2 groups, there are kindergarten Tri Guna Bhakti I as the control group, and kindergarten Tri Guna Bhakti II as the experiment group. The experiment group was given a treatment as jarimatika technique learning to increase numeral concept ability and the control group was not given the jarimatika technique learning.By the result of analysis activity pre test and post test by formula Uji-t, the researcher got mark tcount 26,680 it turns out, it was too far from the rejection H0. Because tcount = 26,680>-ttable = 2,145, so, H0 wasPengaruh Penerapan Teknik Jarimatika. Volume 01 Nomor 01 Tahun 2013, 0 - 216rejected and H1 was approval. It means, there was affection for the numeral concept ability, after the researcher applied jarimatika technique in kindergarten Tri Guna Bhakti II Surabaya.

Keyword : Jarimatika Technique, Numeral Concept Ability

Published
2013-06-01
Section
Articles
Abstract Views: 20
PDF Downloads: 30