PENERAPAN TEKNIK MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA PADA ANAK KELOMPOK B TK MERPATI POS SURABAYA

  • Gesa Kharisma Putri

Abstract

Mind mapping adalah teknik memetakan dalam menempatkan informasi ke dalam otak danmengambil informasi ke luar otak dengan mengkombinasikan gambar, kata kunci, dan garislengkung yang berwarna-warni yang bekerja mirip dengan cara kerjanya mirip dengan carakerja koneksi di dalam otak.Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran untuk mengembangkan kemampuanbahasa di TK Merpati Pos Surabaya masih didominasi dengan kegiatan membaca danmenulis sehingga kemampuan bahasa yang lain kurang terasah, seperti kemampuanbercerita. Oleh karena itu untuk mengembangkan kemampuan berbahasa melalui berceritadiperlukan adanya stimulus untuk melatih kemampuan berbahasa anak. Penelitian inimenggunakan jenis penelitian Quasi Experimental Designs dengan menggunakanNonequivalent Control Group Design. Teknik pengumpulan datanya menggunakanobservasi dengan subjeknya adalah seluruh anak kelompok B TK Merpati Pos Surabayayang berjumlah 26 anak kemudian membaginya menjadi dua kelompok, kelompokeksperimen dan kelompok kontrol masing-masing kelompok berjumlah 13 anak. Analisisdata yang dilakukan dengan statistik nonparametrik Mann-Whitney U-Test.Dari hasil perhitungan diperoleh Uhitung > Utabel (44,5 > 39), berarti hipotesis penelitian yangberbunyi tidak terdapat perbedaan yang signifikan dari kemampuan berbahasa anakkelompok B TK Merpati Pos Surabaya sebelum dan sesudah penerapan teknik mindmapping diterima.

Kata kunci: teknik mind mapping, kemampuan berbahasa, bercerita

Abstract

Mind mapping is amapping technique in placing information into the brain and taking theinformation out of the brain by combining picture, key word, and colorful curved line thatworks similiarly with how the connection works in the brain.This research background is to develop the language ability in Merpati Pos SurabayaKindergarten, especially in story-telling activity, that seems still low because it is stilldominated by reading and writing activities. Therefore, a stimulus is needed to developchildren’s ability in language. This research uses Quast Experimental Designs type byusing Nonequivalent Control Group Design. In collecting the data, the researcher usesobservation with the subject all of the B group children in Merpati Pos SurabayaKindergarten that consists of 26 children. The researcher, then, divides it into two groups,experimental group and controlled group, with each of them consists of 13 children. Dataanalysis that is used is Mann-Whitney U-Test non parametric statistic.The calculation result shows that Uhitung > Utabel (44,5 > 39), it means the researchhypothesis stating that there is not a significant difference in language ability of B groupchildren in Merpati Pos Surabaya Kindergarten before and after application of mindmapping technique is accepted.

Keywords: mind mapping technique, language ability, story-telling

Published
2013-06-01
Section
Articles
Abstract Views: 11
PDF Downloads: 28