PENGARUH KEGIATAN MENGGUNTING MEDIA KERTAS BUFFALO TERHADAP KEMAMPUAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TK IHYAUL ULUM LAMONGAN

  • DWI AMINATUS SAADAH
  • DEWI KOMALASARI

Abstract

Penelitian Pre-Eksperimental design dengan jenis One Group Pretest-Posttest ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kegiatan menggunting media kertas buffalo terhadap kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun di TK Ihyaul Ulum Lamongan. Subjek dalam penelitian ini adalah anak kelompok A di TK Ihyaul Ulum Lamongan yang berjumlah 18 anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Wilcoxon Matched Pairs Test. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh Thitung=0 dan Ttabel untuk N=18 dengan taraf signifikan 5% sebesar 40, maka (0<40). Data tersebut menunjukkan HO ditolak dan Ha diterima. Hasil penelitian kegiatan menggunting media kertas buffalo berpengaruh. Hal ini dikarenakan kegiatan menggunting media kertas buffalo dilakukan secara bertahap sesuai dengan tahapan menggunting. Selain itu, media kertas buffalo yang digunakan kongkret, aman karena bentuknya yang halus dan tebal yang dapat melatih ketangkasan jari anak, dan tidak cepat rusak serta menarik bagi anak. Jadi dapat disimpulkan bahwa kegiatan menggunting media kertas buffalo berpengaruh terhadap kemampuan motorik halus anak usia 4-5 tahun di TK Ihyaul Ulum Lamongan.

Kata kunci: Kegiatan Menggunting, Media Kertas Buffalo, Motorik Halus
Published
2018-07-19
Section
Articles
Abstract Views: 101
PDF Downloads: 889