PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO KARTUN MENCAMPUR WARNA TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF PADA ANAK KELOMPOK B DI TK TERPADU AL-HIDAYAH II DS. BAKUNG KEC. UDANAWU KAB. BLITAR

  • Reny Dwy Rahayu

Abstract

Pendidikan anak usia dini merupakan pendidikan yang sangat penting bagi perkembangan anak di masa yang akan datang. Sesuai dengan pengamatan penulis di TK Terpadu AL-Hidayah II Ds. Bakung Kec. Udanawu Kab. Blitar, penulis jarang menemukan pembelajaran sains serta pembelajaran dengan bantuan media audio visual berupa video kartun yang berorientasi terhadap sains. Proses pembelajaran di TK ini masih menggunakan metode lama. Sehingga kemampuan kognitif anak masih mengalami kesulitan dalam menemukan sebab akibat jika warna satu dicampur dengan warna lain, mengklasifikasikan macam-macam warna dan memecahkan masalah yang dihadapinya. Diharapkan dengan adanya penggunaan video ini kemampuan kognitif anak akan meningkat.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan kemampuan kognitif anak dari sebelum dan sesudah diberikan perlakuan dengan penggunaan video kartun mencampur warna serta untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan video kartun mencampur warna terhadap kemampuan kognitif pada anak kelompok B. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitiannya adalah Pre-eksperimen, subyek yang digunakan adalah anak kelompok B dengan jumlah 23 anak, metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan statistik dengan tabel penolong uji tanda wilcoxon.Berdasarkan hasil penelitian tentang pengaruh penggunaan video kartun mencampur warna terhadap kemampuan kognitif anak diperoleh perbedaan kemampuan kognitif anak dari sebelum dan sesudah ditayangkan video kartun mencampur warna. Dan setelah dianalisa dengan tabel penolong uji tanda wilcoxon diperoleh = 276. Kemudian dikonsulkan pada taraf signifikan 5% dengan n = 23 maka nilai uji tanda wilcoxon adalah 73.Maka dinyatakan bahwa ditolak dan diterima. Disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada kemampuan kognitif anak dari sebelum dan sesudah diberikan tindakan/intervensi melalui penggunaan video kartun mencampur warna. Dan disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan video kartun mencampur warna terhadap kemampuan kognitif pada anak kelompok B Di TK Terpadu AL-Hidayah II Ds. Bakung Kec. Udanawu Kab. Blitar.

Kata kunci : video kartun mencampur warna, kemampuan kognitif.

Abstract

Education for early childhood is very important for children development in the future. Based on writer observation at AL-Hidayah kindergarten Bakung Udanawu Blitar, writer seldom found the general learning by audiovisual massmedia such as cartoon video which were orientated in science. Learning process in this kindergarten still used the old method, so cognitive ability aspects of children still have difficulties in finding the reason effects if one color had been mixed with other colors, to classify variety color and solve problem which was faced them. So there was expected video cognitive ability of child would increase optimally2The purpose of this research was to know there was different of cognitive ability of child from before and after given doing with using of cartoon video about mixing colors to cognitive ability for children in group B atAL-Hidayah II kindergarten Bakung Udanawu Blitar. This research used quantitatif aprroach. The type of research was pre-experiment, the subject was children of group B there were 23 children. Collecting data method was utilizing observation and documentation. Analitical data used statistic with helping table wilcoxon test.Based on the result research about influence using cartoon video mixing colors concerning to cognitive ability child was got different cognitive ability of children from before and after showed cartoon video mixing colors and after analyzed with wilcoxon test was got t_count 276 Then, it was consulted in significant rank 5 % with n=23, so the value of t_count wilcoxon table was 73.So, it was said that was refused and accepted. It could be concluded that there was different which significant in cognitive ability of child from before and after giving intervention from using of cartoon video mixing colors. And It could be concluded that there was influence using cartoon video mixing colors concerning to cognitive ability in group B at AL-Hidayah II kindergarten Bakung Udanawu Blitar.

Keyword : cartoon video mixing color, cognitive ability

Published
2013-06-01
Section
Articles
Abstract Views: 583
PDF Downloads: 779