PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDASARKAN MASALAH DALAM PERMAINAN MATEMATIKA TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP UKURAN PADA ANAK KELOMPOK B RA MIFTAHUL ULUM PACARPELUK MEGALUH JOMBANG

  • Ria Septiyawati

Abstract

Landasan epistemologis pembelajaran pada anak usia dini haruslah menggunakan konsep belajar sambilbermain (learning by playing), belajar sambil berbuat (learning by doing), dan belajar melalui stimulasi (learning bystimulating). Karena dengan pembelajaran seperti tersebut anak akan terlibat aktif dalam kelas dan materi yangdisampaikan guru akan dapat diterima dengan baik oleh anak.Penelitian ini dilatarbelakangi karena di RA Miftahul Ulum pembelajarannya belum seperti diatas yaitu masihberpusat pada guru sehingga pemahaman konsep ukuran anak masih rendah dan tidak pernah mengajak anak bermaindalam kegiatan pembelajarannya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre eksperimental desaign dengan pretestdan post-test group desaign. Teknik pengumpulan datanya adalah observasi dengan subyeknya adalah seluruk anakkelompok B RA Miftahul Ulum yang berjumlah 16 anak. Analisa data dilakukan dengan statistik non parametrikdengan uji wilcoxon match pairs test.Dari hasil perhitungan diperoleh thitung< t tabel , berarti hipotesis penelitian yang berbunyi ada pengaruhpenerapan pembelajaran berdasarkan masalah dalam permainan matematika terhadap pemahaman konsep ukuran anakkelompok B RA Miftahul Ulum Pacarpeluk Megaluh Jombang diterima.

Kata Kunci: pembelajaran berdasarkan masalah, permainan matematika, konsep ukuran

Abstract

Learning’s epistemology base in early-age children should use learning by playing, learning by doing, andlearning by stimulating concepts. By learning through those ways, children will be active in the class and the materialthat is delivered or taught by the teacher will be understood well by the children.This research is conducted because the learning in RA Miftahul Ulum is not like what has been mentionedabove. It means the learning in RA Miftahul Ulum is still teacher-center. So, the children’s understanding in sizeconcept is still low. Moreover, the teachers never invite the children to play during the learning activity. This researchuses pre experimental design and post test group design research types. The technique in collecting the data isobservation with its subject is all of the B-group children in RA Miftahul Ulum that consists of 16 children. In analyzingthe data, the researcher uses wilcoxon match pairs test with non parametric statistic.The result of calculation shows that thitung< t table. It means that the research hypothesis stating there is influencelearning application based on a problem in mathematics game toward the understanding of size concept in B-Group RAMiftahul Ulum Pacarpeluk Megaluh Jombang is accepted.

Keywords : learning based on problem, mathematics game, size concept

Published
2013-06-01
Section
Articles
Abstract Views: 6
PDF Downloads: 35