Pengaruh Latihan Motorik Halus Terhadap Keterampilan Mewarnai Bagi Anak Kelompok A Di TK Aisyiyah 17 Surabaya

  • Rizqi Nur Laili

Abstract

The low average of applying color skill in more than a half of student group A TK Aisyiyah 17, which hastotally 20 students in 4-5 years old is identified from their drawing which shows a scratch, crayon scratch which is notfull and often out of line, and can not hold a crayon or a color pencil well. As one of teacher method and innovation inlearning process at a Kindergarten through a smooth motoric exercise, this real condition becomes a support forresearcher to held scientific research to know whether the influence of smooth motoric training to the student skill ingroup A is available or not to finish a color-apply exercises well at TK Aisyiyah 17. The propose of this research is toknow and analyze the result of applying color before and after the smooth motoric is held.This research uses a “Pre Experimental Design research” with “One Group Pre Test and Post Test” design.The method of collecting data of this research uses applying color test, observation and documentation. The dataanalyzedtechnical uses T-Test.The result of the research shows an increasing of applying color skill to the student group A TK Aisyiyah 17before and after the smooth motoric exercise is given. The data-received is accounted -71.579 with a standardsignificant average 0,000. If the standard significant is lower than 0,05, Ha is received and Ho is refused which meanssmooth motoric exercise gives an influence to an increasing of applying color skill to the student of Group A TKAisyiyah 17, Surabaya.

Keyword: smooth motoric exercise, applying color skill

Abstrak

Rendahnya kemampuan mewarnai pada separuh lebih anak didik kelompok A TK Aisyiyah 17, yangberjumlah 20 anak yang berusia 4-5 tahun, hal ini teridentifikasi dari hasil gambaran mereka adalah coretan, goresankrayon yang tidak penuh dan cenderung keluar dari batas, terdapat pula yang masih belum mampu memegang krayonatau pensil warna dengan baik. sebagai salah satu cara dan inovasi guru dalam proses pembelajaran di Taman Kanak–kanak melalui latihan motorik halus. Kondisi real tersebut, menjadi pendorong bagi peneliti untuk melakukan penelitianilmiah, guna mengetahui ada atau tidaknya pengaruh latihan motorik terhadap kemampuan anak pada kelompok Auntuk menyelesaikan tugas mewarnainya dengan baik di TK Aisyiyah 17. Tujuan dari penelitian ini adalah untukmengetahui dan menganalisis hasil mewarnai anak sebelum dan sesudah diadakan latihan motorik halus.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Pre Experimental Design. Dengan rancangan “One Group Pre testand Post Test Design”, Metodelogi pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan test mewarnai, observasi dandokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan T-Test.Hasil penelitian menunjukkan sebelum dan sesudah diberikan latihan motorik halus terdapat peningkatanketerampilan mewarnai anak kelompok A TK Aisyiyah 17 Surabaya. Diperoleh data hasil thitung = -71.579 dengan tarafsignifikansi 0,000. Karena taraf signifikansi lebih kecil daripada 0,05 maka Ha diterima, dan Ho ditolak. Yang artinyalatihan motorik halus memberikan pengaruh terhadap peningkatan keterampilan mewarnai pada anak kelompok A TKAisyiyah 17 Surabaya.

Kata kunci: latihan motorik halus, keterampilan mewarnai

Published
2013-06-01
Section
Articles
Abstract Views: 72
PDF Downloads: 203