PENGARUH METODE EDUTAINMENT TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PERMULAAN ANAK USIA DINI KELOMPOK B DI TK PANCASILA I KARANGPILANG SURABAYA

  • TUNGGA PURNAMA SARI

Abstract

Kemampuan berhitung permulaan ialah kemampuan yang dimiliki setiap anak untukmengembangkan kemampuan dimulai dari lingkungan yang terdekat dengan dirinya, Kemampuanberhitung permulaan anak usia dini kelompok B yaitu membilang (mengenal konsep bilangandengan menunjuk benda-benda) sampai 20, mengenal lambang bilangan 1-20 (menyebutkan danmenunjuk lambang bilangan 1-20), dan memasangkan lambang bilangan dengan benda-bendasampai 20. Mengetahui tentang kenyataan di TK Pancasila I Karangpilang Surabaya bahwaterdapat 10 anak usia dini kelompok B yang kemampuan berhitung permulaannya masih kurangmaka diperlukan pembelajaran dengan metode edutainment. Tujuan yang ingin dicapai dalampenelitian ini yaitu 1. Untuk mengkaji kemampuan berhitung permulaan pada anak usia dinikelompok B di TK Pancasila I Karangpilang Surabaya. 2. Untuk menganalisis pengaruh metodeedutainment terhadap kemampuan berhitung permulaan pada anak usia dinni kelompok B di TKPancasila I Karangpilang Surabaya.Jenis penelitian ini adalah pre eksperimen sebab penelitian ini menggunakan perlakuanguna mempengaruhi subyek penelitian dengan anggapan akan terjadi suatu perubahan. Pendekatanpenelitain ini adalah kuantitatif karena penelitian ini untuk menguji hipotesis yang telahditetapkan menggunakan analisis statistik dalam mengolah data. Berdasarkan permasalahan dantujuan penelitian, maka penelitian ini menggunakan desain penelitian pre experimental designjenis one group pre test post test design. Dalam desain penelitian jenis ini akan ada pre test posttest sehingga hasil pelakuan dapat diketahui dengan lebih signifikan karena denganmembandingkan keadaan sebelum dan sesudah diberi perlakuan.Penelitian dilakukan selama bulan Maret-April 2013, kemampuan berhitung permulaananak usia dini kelompok B di TK Pancasila I Karangpilang Surabaya mengalami peningkatandalam hal Kemampuan berhitung permulaan anak usia dini kelompok B yaitu membilang(mengenal konsep bilangan dengan menunjuk benda-benda) sampai 20, mengenal lambangbilangan 1-20 (menyebutkan dan menunjuk lambang bilangan 1-20), dan memasangkan lambangbilangan dengan benda-benda sampai 20. Metode edutainment memiliki pengaruh yang signifikanterhadap kemampuan berhitung permulaan anak usia dini di TK Pancasila I KarangpilangSurabaya.

Kata kunci: metode edutainment, kemampuan berhitung permulaan, anak usia dini

ABSTRACT

Numeracy starter skill is a skill which the children have to develop their skill startingfrom the environment which is closed to them. The young learners’ numeracy starter skill includesstating (recognizing the numeric concept by pointing the things) 1 until 20, recognizing the2numeric symbol 1-20 (stating and pointing the numeric symbol 1-20), and matching the numericsymbol with the things until 20. Knowing the fact that there are 10 young learners at B group ofPancasila I kindergarten Karangpilang Surabaya who still lack of the numeric skill, theedutainment method is used in the learning process. The purposes of this research are To examinethe numeracy starter skills of young learners at B group of Pancasila I kindergarten KarangpilangSurabaya, and to analyze the effect of edutainment method for the numeracy starter skill of theyoung learners at Pancasila I kindergarten Karangpilang Surabaya.This research is pre-experiment research, because this research uses the treatment toaffect the research subject which is completed with the assumption that there will be any changes.This research is quantitative research because this research is used to examine the hypothesiswhich has been decided by using the statistical analysis in processing the data. Based on theresearch problem and purposes, this research uses the pre experimental research by using onegroup pre test post test design. In this research design, there is a pre test and post test, thereforethe result will be known significantly because it is conducted through comparing the conditionbefore and after the treatment.This research is conducted on March-April 2013. The numeracy starter skill of younglearners at B group of Pancasila I kindergarten Karangpilang Surabaya is improved, that is instating (recognizing the numeric concept by pointing the things) 1 until 20, recognizing thenumeric symbol 1-20 (stating and pointing the numeric symbol 1-20), and matching the numericsymbol with the things until 20. The edutainment method has the significant effect for thenumeracy starter skill of young learners at Pancasila I kindergarten Karangpilang Surabaya.

Keywords: edutainment method, numeracy starter skill, young learners

Published
2013-06-01
Section
Articles
Abstract Views: 39
PDF Downloads: 84