PENERAPAN PEMBELAJARAN LINGKUNGAN SETTING KEBUN TERHADAP KEMAMPUAN SAINS ANAK KELOMPOK B TK PUTRA CITRA ABADI KOTA MADIUN

  • Yohana Pratiwi

Abstract

Pembelajaran lingkungan adalah proses kerjasama dalam suatu kegiatan yang memanfaatkansumber dan fasilitas yang ada disekitarnya. Dalam penerapannya untuk mengembangkan kemampuansains anak diajak untuk kegiatan observasi, klasifikasi, mengukur, perkiraan, eksperimen danmengkomunikasikan.Penelitian ini dilatarbelakangi karena di TK Putra Citra Abadi Kota Madiun pembelajarannyabelum seperti diatas yaitu masih berpusat pada guru sehingga kemampuan sains anak masih rendah dantidak pernah mengajak keadaan nyata dan menumbuhkan antusiasme anak untuk belajar tentang halhalbaru yang ada disekitar lingkungannya. Dalam kemampuan sains anak dapat mengalami sendiriproses belajar alami dengan memanfaatkan panca inderanya. Penelitian ini menggunakan jenispenelitian pre eksperimental desaign dengan pre-test dan post-test group desaign. Teknikpengumpulan datanya adalah observasi dengan subyeknya adalah seluruh anak kelompok B TK PutraCitra Abadi yang berjumlah 20 anak. Analisa data dilakukan dengan statistik parametrik dengan ujiwilcoxon match pairs.Dari hasil perhitungan diperoleh thitung < ttabel, berarti hipotesis penelitian yang berbunyi adapengaruh pembelajaran lingkungan setting kebun terhadap kemampuan sains anak kelompok B TKPutra Citra Abadi Kota Madiun

Kata kunci : pembelajaran lingkungan, kemampuan sains

Abstract

This environmental learning is a cooperative process in an activity that uses sources andfacilities in surrounding. In order to develop the science ability, the children are asked to observe,classify, measure, guess, experiment, and communicate in the application.It means the learning in Putra Citra Abadi Kindergarten is still teacher-center. So, thechildren’s understanding in science ability is still low. Moreover,real condition which grows theirenthusiasm to study new things surrounding them. In science ability, children can experience thenatural learning process by using their senses themselves. The technique in collecting the data isobservation with its subject is all of the B-group children in Putra Citra Abadi Kindergarten thatconsists of 20 children. In analyzing the data, the researcher uses wilcoxon match pairs withparametric statistic.The calculation result shows that thitung > ttabel. It means the research hypothesis stating thatthere is influence the garden-setting environmental learning application toward group b putra citraabadi madiun city kindergarten children’s science ability.

Key words: environmental learning, science ability

Published
2013-06-01
Section
Articles
Abstract Views: 9
PDF Downloads: 29